Sukses

Kapuas Hulu Cari Ulama Baru

Liputan6.com, Putussibau - Kepala Kantor Kementerian Agama Kapuas Hulu, H M Kusyairi mengatakan saat ini Kapuas Hulu mengalami krisis ulama bahkan tidak ada ulama di kabupaten tersebut setelah meninggalnya Ustaz H Ahmad AB beberapa tahun lalu.

"Satu-satunya ulama Kapuas Hulu itu sudah meninggal dan saat ini belum ada pengganti beliau," kata Kusyairi ditemui di Putussibau wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu (23/5/2018), dilansir Antara.

Saat didampingi stafnya, Kusyairi mengatakan saat ini di Kapuas Hulu hanya ada tokoh agama. Itu pun karena dianggap tokoh oleh masyarakat karena lebih tahu tentang agama tempat masyarakat bertanya.

Menurut dia, Kantor Kementerian Agama Kapuas Hulu sudah mendata tokoh Agama Islam yang jumlahnya sekitar 20 orang, tersebar di hampir kecamatan di wilayah tersebut.

"Kami sudah melakukan pendataan yang ada hanya seseorang yang ditokohkan oleh masyarakat setempat, karena mengerti tentang agama," kata Kusyairi.

Menurut Kusyairi, untuk mengatasi krisis ulama, ke depan pihaknya akan mencetak calon-calon ulama, yang nantinya akan dikirim untuk mendapatkan pengetahuan mendalam sesuai kriteria dari Kementerian Agama.

"Persoalan ulama saya rasa ini memang tugas kita ke depannya, harus ada ulama di Kapuas Hulu," kata Kusyairi.

Dia juga meminta agar para tokoh agama fokus membina umat untuk keimanan dan ketakwaan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.