Sukses

Sapi Kurban Montok Jokowi Namanya Kliwon

Liputan6.com, Polewali Mandar - Sapi jenis Simmental yang dibeli oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, ternyata memiliki nama. Menurut pemilik sebelumnya, Saeman, sapi tersebut bernama Kliwon.

"Iya saya beri nama sapi itu Kliwon," kata Saeman singkat, saat dikonfirmasi Senin (28/8/2017).

Dia menyebutkan sapi berbobot 1,1 ton itu dirawat sejak berumur delapan bulan hingga berumur tiga tahun. "Umur Kliwon sekarang sudah tiga tahun lebih, saya rawat sejak umur 8 bulan," kata Saeman.

Saeman menerangkan sebelum dibeli oleh Presiden Jokowi seharga Rp 60 juta, sapi miliknya banyak ditawar oleh pengusaha-pengusaha kaya untuk dijadikan sapi kurban pada perayaan Idul Adha 1438 Hijriah.

"Sempat ditawar Rp 50 juta oleh pengusaha batu bara tapi saya tidak jual, sampai akhirnya dibeli sama Pak Jokowi," ungkapnya.

Saeman mengaku bangga, sapi yang dipeliharanya bisa dibeli oleh orang nomor satu di Indonesia. "Sebagai seorang peternak, tentu saya merasa senang dan bangga sapi saya dibeli sama Pak Jokowi," ujarnya.

Terpisah, Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Polewali Mandar, Kaharuddin mengungkapkan bahwa sapi milik Saeman pernah menjuarai kontes sapi se-Sulawesi Barat.

"Itu sapi pernah juara dalam kontes sapi tingkat provinsi se-Sulbar," ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi telah memesan seekor sapi montok di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, untuk berkurban pada hari raya Idul Adha 1438 Hijriah. Sapi tersebut milik Saeman, warga dusun Majalengka, Desa Campurejo.

Sapi pilihan Presiden itu adalah sapi jenis Simmental. Beratnya mencapai 1,1 ton dengan tinggi badan 1,7 meter serta panjang mencapai 3 meter. Untuk memiliki sapi hitam putih itu, Jokowi mengeluarkan kocek Rp 60 juta.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Liputan6.com, sapi kurban tersebut akan disembelih di Masjid Raya Syuhada, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, setelah shalat Idul Adha pada Jumat, 1 September 2017 mendatang, lalu dagingnya akan dibagikan ke fakir miskin.

Saksikan video menarik di bawah ini:

Loading