Sukses

Menikmati Debur Ombak Senja di Pantai Pasir Kencana Pekalongan

Liputan6.com, Pekalongan - Ombak yang cukup besar memecah keceriaan bocah-bocah di Pantai Pasir Kencana, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, sore itu. Sembari duduk dan berlari-lari kecil di tepi-tepi pantai, mereka asyik menunggu terjangan ombak yang bersahutan.

Tampak ketegangan di wajah para bocah saat ombak Laut Jawa yang ditunggu ternyata terlalu besar dan menenggelamkan badan mungil mereka. Namun, anak-anak itu tampak ketagihan dan tertawa ceria.

Cara lain menikmati ombak pantai Laut Jawa ini, pengunjung hanya cukup membayar Rp 10 ribu untuk sekali berkeliling di pantai menggunakan perahu kecil milik nelayan setempat. Tenang saja, sang pemilik kapal menyediakan jaket pelampung untuk mengantisipasi kejadian di luar prediksi.

Bagi yang belum pernah naik perahu kecil nelayan, wisata ini patut dicoba karena cukup menguji adrenalin saat menikmati terjangan ombak di laut lepas. Pengunjung bisa merasakan bagaimana perjuangan nelayan kecil yang mencari ikan di laut dengan menaklukkan ombak di laut lepas.

"Waooooow...sangat menguji nyali naik perahu kecil seperti ini keliling di laut lepas. Padahal ini tadi ombak cukup tinggi kata nelayan. Tapi sangat mengasyikkan sekali bisa terombang-ambing di laut lepas seperti ini," ucap Hernanda Amalia (16), pengunjung asal Kajen, Kabupaten Pekalongan, usai berkeliling Pantai Pasir Kencana, Minggu, 7 Mei 2017.

Ia pun mengaku takjub dengan pengalaman pertama naik perahu kecil milik nelayan di laut lepas. Selain merasakan terjangan ombak, Nanda juga bisa melihat lebih dekat nelayan kecil yang sedang mencari ikan di laut.

"Ini benar-benar pengalaman yang tak terlupakan, di tengah laut liat nelayan cari ikan pakai jalanya. Dan juga melihat keindahan bibir pantai dari tengah laut," dia menambahkan.

Jembatan Cinta

Datang ke Pantai Pasir Kencana, pengunjung juga dapat menikmati suguhan pemandangan yang cukup indah dan spot buat foto selfie atau swafoto. Tempat itu, yakni sebuah jembatan berwarna-warni atau disebut Jembatan Cinta yang terbentang cukup panjang menuju lautan.

Para pengunjung baik muda-mudi, anak anak, orang dewasa hingga kakek nenek menikmati pantai dengan cara yang berbeda. Mereka sibuk berfoto dengan latar belakang lautan lepas dan matahari senja yang perlahan pulang.

Dari namanya saja, mungkin pengunjung dapat mengartikan yang bermacam-macam. Selain bersama calon istri ataupun sahabat spesial, pengunjung berusia muda juga boleh mengajak orang melewati jembatan ini bersama-sama.

Tentu hal itu akan romantis. Apalagi, jembatan ini ada di pinggir pantai, jadi terasa unik serta berbeda. Jembatan Cinta di Pantai Pasir Kencana ini terlihat melengkung dan berwarna yang dapat dijadikan lokasi berfoto ria.

Suasana senja di Pantai Pasir Kencana, Pekalongan, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Fajar Eko Nugroho)

Para pengunjung menikmati sore hari dengan menyaksikan matahari tenggelam di Pantai Pasir Kencana. Pada bagian ujung jembatan, seorang laki-laki paruh baya juga terlihat asyik menghitung waktu tenggelamnya matahari. Ia tidak bermain ombak atau berfoto, melainkan menunggu jorannya ditarik pemangsa dari dalam sebuah kolam ikan yang berada di bibir pantai.

Pantai Pasir Kencana yang menghadap ke barat ini memang menjadi destinasi yang tepat untuk menyaksikan matahari tenggelam. Tiket masuk per orang hanya Rp 4.000. Di sana pengunjung dapat menikmati taman bermain anak dan sejumlah gazebo untuk sekedar duduk menikmati pantai.

Lokasi pantai jaraknya tak terlalu jauh dari pusat Kota, jadi tidak perlu khawatir. Tidak lebih lebih butuh waktu cuma 20 menit, yang dengannya total jarak 4,5 kilometer saja.

Pasir Kencana adalah pantai yang layak dikunjungi lantaran beberapa alasan. Pantainya cukup bersih, pesona panorama matahari tenggelam yang mempesona, serta keindahan alam pantainya yang menenangkan jiwa.

Ada Pelelangan Ikan

Sementara di dekat Pasir Kencana, atau berada persis di depan gapura masuk, pengunjung dapat menyambangi tempat pelelangan ikan di Pelabuhan Perikanan Nusantara, kawasan pantai utara Jawa Tengah.

Bagi pengunjung yang senang menyantap ikan serta melihat-lihat hasil tangkapan ikan, maka tempat ini merupakan tempat yang tepat. Terutama, sesudah bosan bermain-main di pantai.

Di tempat pelelangan ikan, pengunjung dapat melihat berbagai jenis ikan laut hasil tangkapan nelayan. Mulai dari ukuran ikan yang kecil hingga besar. Pengunjung juga dapat membeli ikan yang masih segar tersebut.

Suasana senja di tempat pelelangan ikan, Pelabuhan Perikanan Nusantara, Pekalongan, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Fajar Eko Nugroho)

Tentunya jika membeli langsung di tempat pelelangan ikan, harganya pun cukup murah. Asalkan mampu menawarnya dengan sewajarnya. Misal harga ikan dengan sistem borongan, dihargai penjual Rp 60 ribu, maka ditawar Rp 40 ribu. Harga segitu kurang lebihnya pasti diberikan oleh penjual ikan di sana.

Di kawasan Pantai Pasir Kencana, Pekalongan, pun disediakan fasilitas panggung kesenian.

 

Rem Blong, Truk Molen Terguling di Bekasi
Loading