Sukses

Benarkah Ibu-Ibu Kurang Disiplin Berkendara Motor di Jalan?

Banyak ibu-ibu tertangkap basah tidak mengenakan helm saat mengantar anaknya ke sekolah.

Liputan6.com, Bandar Lampung - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bandarlampung menyatakan kaum perempuan, terutama ibu-ibu, banyak yang kurang disiplin dalam menggunakan sepeda motor sehingga diimbau agar tertib lalu lintas guna menjaga keselamatan.

"Setiap pagi selalu kita jumpai orang tua khususnya ibu-ibu berkendara dengan anaknya yang tidak dilengkapi helm," kata Kasat Lalulintas Polresta Bandarlampung Kompol M Syouzarnanda Mega di Bandarlampung, dilansir Antara, Senin (6/3/2017).

Seharusnya dalam berkendara, seluruh penumpang harus menggunakan helm meskipun jarak yang ditempuh dekat. Imbauan itu kembali disampaikan dalam pelaksanaan Operasi Simpatik Krakatau 2017 yang berlangsung pada 1-21 Maret 2017.

"Selama Operasi Simpati Krakatau 2017, kita akan melakukan imbauan kepada pengendara agar tertib dalam berlalu-lintas," kata dia.

Dia mengatakan, Operasi Simpatik Krakatau 2017 bertujuan untuk mengimbau masyarakat agar tertib saat berkendara, seperti menggunakan helm dan membawa surat dan perlengkapan kendaraan. Imbauan itu salah satunya disampaikan dalam Car Free Day di Tugu Adipura, kemarin.

Untuk meningkatkan simpati masyarakat terhadap polisi, lanjut dia, petugas yang sedang bertugas selama Operasi Simpatik Krakatau 2017 memang tidak mengeluarkan surat tilang.

"Karena operasi ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam membangun keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas secara terpadu," kata dia.

Namun, kebijakan tidak menilang tidak berlaku bagi pengendara yang melakukan pelanggaran fatal, seperti tidak menggunakan helm, menerobos lampu merah dan melawan arus.

Sebelumnya, Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Lampung Irjen Sudjarno menyatakan dalam Operasi Simpatik Krakatau 2017 harus lebih mengutamakan teguran daripada tilang, untuk menimbulkan simpati kepada penegak hukum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.