Sukses

Proses Hukum Kasus Dahlan Iskan yang Mencuri Perhatian

Liputan6.com, Surabaya - Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Dahlan Iskan, ditetapkan sebagai tersangka dan langsung ditahan oleh Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur pada Kamis 27 Oktober 2016.

Dia terjerat terkait kasus dugaan korupsi pelepasan 33 aset PT Panca Wira Usaha (PWU) milik BUMD Pemprov Jatim. Perkembangan kasus Dahlan Iskan yang juga pernah menjabat sebagai direktur utama PT PLN ini menarik perhatian khalayak luas.

Berikut adalah berita-berita terkait Dahlan Iskan yang banyak dicari nitezen di akhir 2016.

1. Ditetapkan Jadi Tersangka, Dahlan Iskan Bakal Ajukan Praperadilan

Pengacara Dahlan Iskan, Pieter Talaway, menilai ada kejanggalan dengan proses hukum yang dilakukan Kejati Jatim terhadap kliennya.

Pieter menyebutkan kesalahan prosedur dimaksud adalah perubahan status dari hanya menjadi saksi berubah menjadi tersangka secara mendadak pada pemeriksaan kelima.

Selengkapnya...

2. Pemeriksaan Perdana sebagai Tersangka, Dahlan Iskan Tebar Senyum

Pada pemeriksaan perdana, Dahlan keluar dari mobil tahanan dan bergegas menuju lantai 5 ruang pidana pidana khusus tanpa sempat mengucapkan apa pun. Ia hanya menebarkan senyum khasnya.

Plt Penkum Kejati Jatim, Romy Arizyanto, menuturkan pihaknya memeriksa karena Dahlan Iskan akan mencari sendiri penyelesaian hukumnya.

Selengkapnya...

3. Sambil Menangis, Dahlan Iskan Ingatkan Pengadilan Jangan Sesat

Sidang lanjutan kasus Dahlan Dahlan iskan digelar pada Selasa (13/12/2016).

Terdakwa Dahlan Iskan menilai kejaksaan 'tebang pilih' pada kasus tersebut. Namun suasana sidang berubah menjadi haru setelah Dahlan Iskan membacakan eksepsinya sambil menangis.

Di akhir pembacaan eksepsinya, Dahlan tidak meminta reward atas pengabdiannya. Menurut dia, itu semua tak penting baginya. Namun dia meminta jangan bikin masyarakat bingung dan apatis akhirnya tidak percaya kepada hukum.

Selengkapnya...

4. Dukung Dahlan Iskan, Abraham Samad Sebut Jadi Orang Baik Sulit

Mantan Ketua Komisi Pemberantas Korupsi, Abraham Samad menghadiri sidang lanjutan kasus dugaan pelepasan aset PT Panca Wira Usaha (PWU) yang membelit Dahlan Iskan, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya di Jalan Raya Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur.

Abraham Samad menuturkan bahwa dirinya hadir di persidangan ini hanya semata-mata untuk memberikan dukungan kepada mantan menteri BUMN era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Selengkapnya...

5. Bareskrim Periksa Dahlan Iskan Terkait Suap AKBP Brontose pada Besok

Penyidik Bareskrim Polri siap memeriksa Dahlan Iskan sebagai saksi kasus Ajun Komisaris Besar Brotoseno di Polda Jawa Timur, pada Jumat 16 Desember besok.

Pemeriksaan tersebut dilakukan di Surabaya karena Dahlan masih berstatus tahanan kota dalam perkara aset PT Panca Wira Usaha, BUMD Pemprov Jawa Timur.

Selengkapnya...

6. Jaksa Minta Hakim Tolak Eksepsi Dahlan Iskan, Kenapa?

Jaksa Penuntut Umum (JPU) meminta majelis hakim menolak semua eksepsi yang diajukan terdakwa Dahlan Iskan dan penasihat hukumnya.

"Setelah melihat dan mempelajari eksepsi yang diajukan terdakwa dan penasihat hukumnya, kami menolak semua yang menjadi nota keberatan terdakwa," ucap JPU Rhein Singal.

Selengkapnya...