Sukses

Setop, Selfie Dulu di Pojok 3D Stasiun-Stasiun Kereta Api

Beberapa stasiun kereta dipercantik dengan Pojok 'Selfie'. Jangan lupa 'selfie' kalau melewati spot ini.

Liputan6.com, Jakarta Cirebon menjadi salah satu kota tujuan wisata untuk mengisi libur Natal tahun 2016. Para wisatawan datang dengan berbagai moda transportasi, salah satunya menggunakan kereta api.

Tidak mau ketinggalan momen, PT KAI Daops III Cirebon mempercantik Stasiun Cirebon yang tengah ramai pengunjung pasa masa liburan akhir tahun ini.

Di stasiun ini,  pengunjung yang datang melalui jalur kereta api, tidak hanya disuguhi pelayanan yang ramah, tetapi juga langsung bisa merasakan nuansa Kota Cirebon yang dikenal dengan Kota Udang.

Daops III menyediakan photo booth bagi masyarakat yang menggunakan jasa kereta api. Pengguna jasa kereta api mendapat kesempatan berfoto di depan photo booth 3D Kereta Paksi Naga Liman dengan latar belakang Stasiun Cirebon.

"Sengaja kami buat selain mengenalkan Cirebon kami juga manfaatkan pengguna gawai untuk selfie bisa," kata Manajer Humas Daops III Cirebon Krisbiantoro, Minggu, 25 Desember 2016.

Dia menuturkan, kereta Paksi Naga Liman merupakan salah satu warisan budaya asli Cirebon yang perlu dilestarikan. Konon, kereta ini merupakan kereta yang digunakan Sunan Gunung Jati. Sementara itu, bangunan Stasiun Cirebon juga merupakan bagian dari heritage Kota Cirebon.

Gambar melukiskan kereta Paksi Naga Liman merupakan salah satu warisan budaya asli Cirebon. (Liputan6.com/ Panji Prayitno)

Keberadaan photo booth pada momen Natal tahun ini juga diharapkan menambah volume pengguna jasa kereta api. "Agar lebih punya arti sendiri terhadap pelayanan dan fasilitas kami. Dengan inovasi sederhana ini, KAI akan lebih dicintai dan khusus di Cirebon pengunjung akan memiliki kesan tersendiri," ujar dia.

Ada pesan keberagaman dalam pemasangan photo booth di depan pintu masuk Stasiun Cirebon. Krisbiantoro menuturkan, foto tersebut bisa digunakan seluruh lapisan masyarakat di Cirebon maupun luar Kota Cirebon.

"Harapan kami dari photo booth ini akan jadi pemersatu bangsa. Paksi Naga Liman berwujud photo booth mengingatkan kita tentang sejarah Sunan Gunung Jati yang menghargai perbedaan dan keberagaman masyarakat Cirebon," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lukisan 3D Stasiun Jember

PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur, mempercantik Stasiun Jember dengan membuat lukisan tiga dimensi (3D) untuk memanjakan para penumpang yang berangkat atau datang di Stasiun Jember tersebut.

"Penumpang di Stasiun Jember yang dulu bosan atau jenuh menunggu kedatangan kereta api, kini mereka bisa berfoto selfie di booth lukisan 3D yang berada di ruang tunggu Stasiun Jember," kata Manajer Humas PT KAI Daop 9 Lukman Arief di Jember, Minggu.

Seperti dilansi dari Antara, Senin, 26 Desember 2016, dalam lukisan itu digambarkan adanya seorang perempuan raksasa yang memegang kamera di terowongan kereta api Mrawan yang berada di Desa Garahan, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember.

"Selama ini terowongan Mrawan menjadi salah satu objek foto wisatawan untuk ber-selfie ketika kereta api memasuki terowongan, sehingga lukisan itu diharapkan dapat menghibur para penumpang," tutur dia.

Selain itu, lanjut dia, terowongan yang dibangun sekitar tahun 1901-1902 dan selesai tahun 1910 tersebut menjadi ikon di wilayah Daops 9 Jember karena pemandangannya cukup indah di sekitar terowongan.

"Booth lukisan tiga dimensi itu sudah diluncurkan oleh Vice President PT KAI Daops 9 Jember Rusi Haryono sejak Jumat (23/12) dan ternyata banyak sekali penumpang yang juga berfoto selfie di lukisan 3D tersebut," katanya.

Menurutnya penambahan fasilitas ekstra kepada penumpang di setiap stasiun merupakan instruksi dari jajaran direksi PT KAI, namun tidak semua stasiun terdapat penambahan layanan tersebut.

"Hanya di stasiun-stasiun besar saja di antaranya Stasiun Gubeng di Daop 8 Surabaya, Stasiun Gambir di Daop 1, Stasiun Bandung di Daop 2, Stasiun Cirebon di Daop 3, Stasiun Semarang Tawang di Daop 4," tutur Lukman.

Ia menjelaskan PT KAI Daop 9 Jember juga menggelar kontes foto selfie 3D terbaik di Stasiun Jember selama libur Natal dan Tahun Baru sejak 24 Desember 2016 hingga 8 Januari 2017, sehingga hal tersebut diharapkan dimanfaatkan penumpang yang datang atau tiba di Stasiun Jember.

"Seluruh calon penumpang kereta api di Stasiun Jember bisa mengikuti lomba tersebut dengan tujuan untuk memberikan apresiasi bagi penumpang yang telah berfoto di booth selfie 3D itu karena antusias masyarakat berfoto selfie saat ini cukup tinggi," ujar Lukman menambahkan.

Peserta lomba bisa mengirim foto selfie nya melalui WhatsApp ke nomor 082139012006 dan 081249291460 atau diupload di instagram dengan hastagh #selfiestasiunjember.

3 dari 3 halaman

Selfie dengan Kuda di Stasiun Tugu Yogyakarta

Ada yang berbeda dari pintu masuk Stasiun Tugu Yogyakarta. Sebuah pojok selfie dengan gambar 3D diletakkan pengelola tepat di area pintu masuk stasiun utama di Kota Yogyakarta itu.

Dirut PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, pihaknya akan terus berupaya untuk membuat nyaman para calon penumpang KA, terutama di stasiun besar di beberapa kota di Indonesia. Salah satunya adalah menyediakan tempat berswafoto di stasiun besar seperti stasiun Tugu Yogya.

"Jadi, kita buat apa saja membuat penumpang itu betah dan ingin foto. Salah satunya ini kan ini kayak digigit kuda," ujar dia di Stasiun Tugu Yogya, Rabu, 7 Desember 2016.

Edi mengatakan pojok selfie itu nantinya tidak hanya di Yogyakarta tapi di seluruh Indonesia. Pemberian tempat untuk berfoto itu juga untuk menunjukkan kecintaan masyarakat terhadap dunia kereta api. Dengan kecintaan itu, ia berharap tidak ada lagi perusakan aset-aset kereta api seperti gerbong KA.

"Semua stasiun besar nanti ini untuk membuat penumpang nyaman dan dicintai masyarakat dan menganggap kereta itu milik dia tidak ada pelemparan lagi," ujar Edi.

Edi mencontohkan kasus pelemparan kereta api masih terjadi di beberapa daerah. Hal ini sangat disayangkan karena korbannya tidak hanya petugas KAI tapi juga masyarakat.

"Ini kan Daops 6 dilempari kena masinisnya," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.