Sukses

Persembahan Serba 'Cantik' Polisi di Malam Natal

Liputan6.com, Ternate - Puluhan polisi wanita (polwan) cantik dari Polres Ternate dan Polda Maluku Utara disiagakan mengawal jalannya perayaan Natal di Kota Ternate, Sabtu, 24 Desember 2016 malam.

Pantauan Liputan6.com, polwan-polwan cantik ini sebagian besar mengenakan jilbab. Mereka memberikan pengamanan pada masyarakat dan jemaat yang beribadah di gereja.

Personel polwan berjilbab ini ada yang ditempatkan khusus mengawal arus lalu lintas di beberapa titik keramaian pusat kota Bahari Berkesan itu. Puncak perayaan Natal pun terbilang sukses karena seluruh jemaat yang hadir beribadat merasa damai.

Para jemaat di sejumlah gereja di Kota Ternate merasakan nuansa damai, sehingga bisa khidmat beribadah. Seperti di Gereja Katolik Santo Willibrordus, Gereja Pantekosta Elshaday, Gereja Ayam, dan Gereja Betlehel Tabernakel.

Setiap gereja disisipkan pelayanan khusus dari polwan yang bertugas memberikan rasa aman pada jemaat yang tiba di rumah ibadat masing-masing.

Sejumlah polwan yang mengamankan malam Natal di Ternate mengenakan hijab. (Liputan6.com/Hairil Hiar)

Kabid Humas Polda Maluku Utara AKBP Hendry Badar mengungkapkan, kehadiran puluhan polwan tersebut bertujuan menciptakan pelayanan yang berbeda dari biasanya.

"Ini supaya ada sisi humanisnya, sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat. Karena hal yang bisa dilayani terhadap jemaat seperti anak-anak dan ibu-ibu bisa dilakukan personel polwan, juga pada jemaat yang lanjut usia bisa dikawal polwan lalu lintas menyeberangi jalan," kata AKBP Hendry Badar, saat disambangi Liputan6.com, Sabtu malam tadi.

Hendry mengatakan polwan berhijab itu selalu mengenakan hijab dalam beraktivitas sehari-hari. Khusus malam itu, ada 40 personel yang diterjunkan untuk mengamankan malam Natal.

"Sebagian bertugas sebagai Polantas dan sebagiannya lagi dari Direktorat Operasional Polda Malut yang ditempatkan di setiap gereja untuk memberikan kenyamanan," kata dia menambahkan.

"Jadi pengamanan Polwan ini termasuk rangkaian Kieraha Operasi Lilin 2016 Polda Malut sejak 23 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017," ucap Hendry.

2 dari 2 halaman

Posko Cantik di Makassar

Sementara di Makassar, setelah terbitnya intruksi Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, seluruh jajaran kepolisian di Indonesia termasuk di Sulsel langsung melakukan berbagai upaya. Salah satunya membangun posko pelayanan yang bersiaga 1x24 jam.

Di Kota Makassar, ada 12 posko pelayanan yang tidak hanya dibangun begitu saja. Posko tersebut tampak cantik dan diberikan fasilitas yang cukup, sehingga mirip dengan kantor polsek pada umumnya.

Salah satunya posko pelayanan cantik lengkap dengan AC (pendingin) serta kulkas yang dibangun tepat di depan Mal Panakukang dan Mal Ratu Indah Makassar.

Kepala Bagian Operasional Polrestabes Makassar AKBP Syamsu Ridwan mengatakan, posko pelayanan cantik seluruhnya dibangun 12 unit yang tersebar di tiap masing-masing wilayah tugas polsek.

Di 12 pos pelayanan itu akan diisi dengan personel gabungan yang terdiri atas TNI-Polri, dinas kesehatan, dan mitra kepolisian lainnya.

"Tujuannya tak lain bagaimana memberikan rasa aman kepada umat yang memperingati Natal dan kedua untuk menjamin toleransi beragama selama operasi lilin 2016 berlangsung," kata dia, Sabtu, 24 Desember 2016.

Selain itu, Syamsul menjelaskan bahwa keberadaan pos pelayanan tersebut sekaligus untuk mendekatkan diri dengan masyarakat.

"Apalagi, jelang Natal dan tahun baru ini ada beberapa ancaman gangguan kamtibmas yang terjadi. Sehingga diharapkan masyarakat memanfaatkan posko pelayanan jika mendapat informasi gangguan atau kejadian yang menonjol," ujar Syamsul.