Sukses

Kisah Heroik Siti Melahirkan Saat Bus Melintas di Brebes Exit

Ibu berusia 28 tahun ini menjalani persalinan di dalam bus, tepatnya di pintu keluar Tol Brebes Timur atau Brebes Exit.

Liputan6.com, Brebes - Saat pengamanan arus mudik Idul Adha 1437 Hijriah, peristiwa tak biasa terjadi di pintu keluar Tol Brebes Timur (Brebes Exit), Jawa Tengah, kemarin sore. Polisi yang bertugas sempat dibuat heboh saat tiba-tiba memperoleh informasi seorang penumpang bus terpaksa melahirkan di bus dan harus segera mendapatkan pertolongan medis lebih lanjut.

Mendapat informasi itu, petugas yang berada di Pos Brebes Exit atau populer disebut Brexit, langsung bergerak sigap menolong seorang perempuan yang sudah menggendong bayi. Tali pusar sang bayi bahkan masih menempel.

Dengan dikawal mobil Patwal, perempuan bu yang melahirkan itu dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut. Perempuan yang melahirkan di bus itu berasal dari Bangkalan, Madura. Ia bernama Siti Khamsiyah.

Ibu berusia 28 tahun ini menjalani persalinan di dalam bus, tepatnya di Brebes Exit.

Menurut Koordinator Tim Siaga Basarnas Jateng, Heri Sunandar, kejadian tersebut berlangsung kemarin sore sekitar pukul 17.30 WIB. Saat itu Siti bersama suaminya, Fauzi (28), sedang menumpangi bus Madu Kismo dari Jakarta tujuan Madura.

"Ternyata di dalam bus tersebut ada salah satu penumpangnya yang baru saja melahirkan bayinya di dalam bus," ucap Heri Sunandar.

Heroik dan Tegang

Proses persalinannya sendiri cukup heroik dan menegangkan karena dibantu oleh para penumpang bus tersebut dan tepatnya terjadi di kilometer 255 Pejagan-Brexit.

Awalnya, Siti sempat merasakan kontraksi di perut sejak perjalanan dari arah Jawa Barat. Kontraksi pun semakin kuat saat bus dalam perjalanan memasuki ruas Tol Pejagan-Brebes Timur.

Tepat di kilometer 255, dengan dibantu sejumlah penumpang bus dan didampingi suaminya, bayi mungil yang dikandung Siti selama sembilan bulan itu akhirnya lahir di dunia. Tangisan pertama bayi mungil itu pun sempat menjadi perhatian seluruh penumpang bus, termasuk sopir dan kernetnya.

Sang sopir awalnya sempat panik saat melihat seorang penumpangnya melahirkan di dalam bus. Bukannya tanpa alasan, karena bayi yang baru lahir itu harus segera mendapatkan pertolongan dan ditempatkan di suhu tertentu.

Akhirnya, setelah melewati pintu gardu Tol Brebes Timur, sopir tersebut kemudian menghentikan laju bus. Ia segera meminta pertolongan kepada petugas Basarnas dan kepolisian.

Siti Khamsiyah melahirkan di dalam bus PO Madu Kismo saat melintasi Tol Brebes Timur, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Fajar Eko Nugroho)

Setelah bus berhenti, Siti kemudian menggendong bayinya saat turun dari bus di Brebes Exit. "Suami ibu Siti, Fauzi (29) turun dari bus dan langsung menemui kami untuk meminta bantuan evakuasi bayinya," kata dia.

Buah hati dari pasangan warga Desa Patengteng, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan ini berjenis kelamin perempuan. "Alhamdulillah bayi perempuan mereka lahir dengan sehat," sang sopir menambahkan.

Siti bersama bayinya kemudian mendapatkan penanganan medis di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Tegal. Mereka pun sudah diizinkan untuk pulang dan kembali melanjutkan perjalanan mudik Idul Adha 1437 H ke Madura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.