Sukses

Sakit di Brebes Exit Saat Mudik? Jangan Khawatir Ada Helikopter

Mereka pun siap menggelar patroli siaga di sekitar Tol Brebes Exit Timur (Brexit), berkoordinasi dengan instansi terkait.

Liputan6.com, Brebes - Guna mengantisipasi penumpukan kendaraan yang mengakibatkan kemacetan di ruas Tol Brebes seperti Idul Fitri 1437 H lalu, Basarnas Kantor SAR Semarang, Jawa Tengah, menyiagakan tim Vehicle Accident Rescue di Gerbang Keluar Tol Brebes Timur (Brebes Exit/Brexit).

Kepala Basarnas Kantor SAR Semarang, Jateng, Agus Haryono mengatakan, siaga SAR ini bertujuan mendukung Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Polri dalam pengamanan arus mudik [Idul Adha 2016]( 2597034 "") (1437 H) yang diperkirakan akan mulai meningkat hari ini.

Tak hanya itu, petugas Kantor SAR Semarang mendirikan posko di Brebes Timur. Mereka pun siap menggelar patroli siaga di sekitar Tol Brebes Exit Timur (Brexit), berkoordinasi dengan Polres Brebes, Dishubkominfo Kabupaten Brebes, dan pengelola jalan tol.

Ia menambahkan, untuk antisipasi evakuasi medis udara, Basarnas juga menyiagakan satu helikopter jenis Dauphin di Bandara Ahmad Yani, Semarang.

"Kami mendirikan posko Basarnas dan tim SAR gabungan mulai hari ini, Jumat hingga Senin (9/9/2016) untuk antisipasi kemungkinan-kemungkinan yang tidak kita harapkan yang bisa saja terjadi, seperti laka lantas (kecelakaan lalu lintas) yang memerlukan penanganan evakuasi khusus," ucap Agus Haryono di Brebes, Jateng, Jumat (9/9/2016).

Petugas SAR Semarang mendirikan posko di Brebes Timur dan siap patroli siaga di sekitar Tol Brebes Exit Timur (Brexit). (Liputan6.com/Fajar Eko Nugroho)

Selain itu, kata dia, Basarnas juga menyiagakan satu helikopter Basarnas jenis Dauphin untuk mendukung kelancaran evakuasi SAR bila terjadi suatu musibah seperti kecelakaan lalu lintas dan membutuhkan evakuasi yang cepat melalui udara.

Dengan adanya siaga Basarnas untuk menghadapi libur Idul Adha kali ini, diharapkan masyarakat yang akan melakukan perjalanan darat akan merasa aman dan nyaman, selamat sampai tujuan masing-masing. "Siaga Basarnas ini untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang ingin melakukan perjalanan darat khususnya," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini