Sukses

Kampung Arab di Tepi Sungai Musi, Lokasi Baru Wisata Palembang

Kampung Arab Al Munawar di Palembang, Sumsel diperkirakan berusia ratusan tahun.

Liputan6.com, Palembang - Kampung Al Munawar di bantaran Sungai Musi Palembang, Sumatera Selatan mayoritas penduduknya merupakan keturunan Arab. Rencananya, kampung tersebut bakal dijadikan salah satu kawasan wisata andalan.

Kampung Al Munawar selama ini sering dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan (Sumsel) berencana menata kawasan itu dan menambah fasilitas pendukung.

"Sehingga akan dilengkapi berbagai infrastruktur pendukung untuk dijadikan tempat wisata andalan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Irene Camelyn Sinaga di Palembang, Sumsel, seperti dikutip dari Antara, Jumat (12/8/2016).

"Pengunjung akan semakin nyaman untuk melihat dan berlama-lama berada di tempat peninggalan bersejarah tersebut."

Selama ini masyarakat Kampung Al Munawar rutin mengadakan kegiatan. Seperti saat Gerhana Matahari Total lalu, warga melaksanakan salat gerhana.

Untuk menata kampung tersebut, jajarannya telah menyiapkan dana melalui Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) yang jumlahnya lebih dari Rp 2 miliar selama dua tahun anggaran.

"Ditatanya Kampung Al Munawar karena Sungai Musi dijadikan destinasi wisata bagi wisatawan mancanegara, sehingga harus memikili kekhasan tersendiri," ucap Irene.

Kampung Arab Al Munawar diperkirakan berusia ratusan tahun. Di pemukiman tersebut terdapat delapan rumah kayu khas Palembang atau limas dan rumah beton bergaya Eropa yang berada di bantaran Sungai Musi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini