Sukses

Ini 24 Masjid Lokasi Salat Gerhana di Surabaya

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surabaya akan gelar salat gerhana di 24 masjid di kota Surabaya saat GMT.

Liputan6.com, Surabaya - Menjelang datangnya Gerhana Matahari (GMT) pada Rabu 9 Maret 2016, pengurus Muhammadiyah di Surabaya menggelar salat gerhana matahari berjamaah.

Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surabaya, Arif'an, menyebutkan salat gerhana matahari akan dilakukan di 24 titik di masjid kota Surabaya.
    
"Berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah, akan terjadi gerhana matahari pada Rabu pagi," kata Arif'an di Surabaya, Selasa (8/3/2016).
   
Dia menyebutkan 24 titik lokasi penyelenggaraan salat gerhana yakni Masjid Aya Sofia Perguruan Muhammadiyah Kapasan, Masjid Syaifunnur Mulyorejo, Masjid Nuur Iman Kalijudan, Masjid Baiturahman Tempurejo, Masjid KH. Mas Mansyur Kampus UM Surabaya dan Masjid Umar bin Khatthab Semolowaru.
    
Kemudian Masjid Baitul Muttaqin Keputih, Masjid Al Mufidah Ketintang, Masjid Annur Wonorejo, Masjid Al Jihad Kupang Krajan, Masjid Istiqomah Simokatrungan, Masjid Iqro' Kiai Satari, Masjid Al Mujahidin Peneleh, dan Masjid Jenderal Sudirman Dharmawangsa.


Selanjutnya, Masjid Istiqomah Jojoran, Masjid At Taqwa Pogot, Masjid Remaja Kalilom Lor, Musholla Al Istiqomah Sidotopo Sekolahan, Masjid Al Muttaqin Gadukan, Masjid At Taqwa Dupak Bangunsari, Masjid Al Jihad Dupak, Masjid Al Mustofa Pantai Kenjeran, Masjid GSI Perum Gunungsari Indah, serta Masjid Baitul Arqom Kedurus.
    
Kemudian, kata Arif'an, setelah salat gerhana juga akan digelar beberapa kegiatan Islami, salah satunya pelatihan perawatan jenazah di Masjid Annur di kawasan Mangrove Wonorejo Timur Surabaya.
    
"Bagi umat Muslim mari berbondong-bondong ke masjid untuk melakukan salat gerhana sesuai tuntunan agama Islam," ujar Arif'an.

Arif'an menegaskan bahwa berdasarkan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah disampaikan fatwa terkait keputusan tentang digelarnya salat kusufain atau salat gerhana setiap ada gerhana matahari dan bulan.
    
"Di Surabaya tidak GMT, akan terjadi Gerhana Matahari Sebagian mulai pukul 06.21 WIB dan berakhir pukul 08.39 WIB," kata Arif'an.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar mulai pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini