Sukses

Siaga, Bali dan NTB Hujan Lebat Hari Ini

BMKG mengimbau masyarakat agar siaga terhadap kemungkinan bencana yang ditimbulkan dari hujan lebat tersebut

Liputan6.com, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan sebagian Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB) akan diguyur hujan dengan intensitas lebat. Hal ini lantaran adanya aktivitas awan Cumulonimbus yang menimbulkan hujan yang diserta kilat atau petir.

"Bahkan diperkirakan sepanjang hari ini peluang hujan akan cenderung meluas ke area-area di sekitarnya," kata Kepala Bidang Informasi Meteorologi Publik BMKG, A Fachri Radjab, dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (2/3/2016). 

Untuk itu, kata dia, pihaknya mengimbau masyarakat agar siaga terhadap kemungkinan bencana yang ditimbulkan dari hujan lebat tersebut. Terutama di wilayah yang mudah terjadi genangan atau banjir dan tanah longsor.

"Selain wilayah Bali dan NTB, diperkirakan dalam 3 hari ke depan sebaran potensi hujan lebat akan meluas ke wilayah Jawa Timur dan juga Pulau Madura," ucap dia.

Fachri meminta instansi terkait terus melakukan penanggulangan bencana banjir. Terutama yang daerahnya saat ini terendam banjir seperti Sampang, Madura.

"Dan juga siaga untuk wilayah Jawa Timur lainnya yang masih cukup potensial terjadi hujan lebat," ujar Fachri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini