Sukses

Harnojoyo Resmi Jadi Walikota Palembang

Liputan6.com, Palembang - Setelah Menteri Dalam Negeri resmi memberikan surat pelantikan Plt Walikota Palembang Harnojoyo ke Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Harnojoyo akhirnya resmi dilantik sebagai Walikota Palembang dan menggantikan posisi Romi Herton yang tersandung kasus suap Pilkada 2013. Pelantikan berlangsung di Auditorium Bina Praja Pemprov Sumsel, Kamis 10 September 2015, oleh Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Pelantikan ini berdasarkan SK Mendagri No.131.16-5050 Tahun 2015 pada 7 September 2015, berisi tentang pemberhentian Harnojoyo sebagai wakil walikota Palembang dan diangkat sebagai walikota Palembang dengan masa jabatan 2013-2018.

"Akhirnya, bisul selama ini sudah pecah, yang dulunya bikin meriang semua orang. Saya juga merasa lega akhinya Walikota Palembang, siapapun dia bisa dilantik, sesuai dengan aturan melalui proses panjang dan melelahkan," ujar Alex Noerdin usai melantik Harnojoyo.

"Konsolidasi lagi yang harus dilakukan, sekarang harus ditunjukkan bahwa sudah pantas jadi Walikota Palembang," lanjut Alex Noerdin.

Alex kemudian membeberkan beberapa tugas Walikota Palembang yang masih tertunda. Di antaranya merealisasikan kota hijau menuju Asian Games 2018, pembenahan tata kota dan transportasi yang tak layak pakai, controlling program blusukan, sosialisasi Asian Games 2018, dan lainnya.

"Tidak ada alasan belajar lagi, Walikota Palembang sudah harus mengamankan pembangunan infrastruktur di Palembang menuju Asian Games 2018. Dan jaminan dari Presiden RI, seluruhnya harus selesai sebelum Asian Games 2018," lanjut Alex.

Sementara itu, Walikota Palembang Harnojoyo mengungkapkan, saat ini dirinya tinggal meneruskan tugas yang sudah diembannya sejak dilantik menjadi Plt Walikota Palembang.

"Selama ini sebagai Plt Walikota Palembang satu tahun lebih, sudah saya jalankan tugas dan wewenang. Jadi program sudah dilaksanakan sejak jadi Plt kemarin, tinggal meneruskannya saja," ujar dia.

Saat disinggung tentang calon wakil yang akan mendampinginya, Harnojoyo mengatakan akan berkoordinasi dengan para partai politik pendukungnya. (Sun/Mut)