Sukses

Quraish Shihab: Bukti Kecintaan Allah pada Manusia, Diciptakan Sesuai dengan Peta Tuhan

Menurut Quraish Shihab, arti manusia diciptakan sesuai dengan peta Tuhan artinya manusia diberi potensi untuk meneladani sifat-sifat Allah.

Liputan6.com, Jakarta Menurut cendikiawan muslim Quraish Shihab, bukti kecintaan Allah pada manusia tertuang dalam sebuah hadits yang berbunyi,"Bahwa manusia diciptakan sesuai dengan peta Tuhan."

"Ini artinya manusia diberi potensi untuk meneladani sifat-sifat Allah. Bahkan manusia dimuliakan, kendati dia kafir," jelas Quraish Shihab. 

Allah berfirman,"Kami telah memberikan kemuliaan kepada anak-anak Adam. Dan kami utamakan makhluk ini atas banyak makhluk-makhluk kami."

Dalam Alquran, Allah pun bertanya,"Hai manusia apa yang memperdaya kamu sehingga kamu mengingkari wujud Tuhan, tidak mensyukuri, padahal Dia telah menciptakan kamu. Dia telah menyempurnakan ciptaannya dan menjadikanmu seimbang, tegak lurus."

Pertanyaan Tuhan ini, menurut Quraish Shihab, terjawab melalui ayat-ayat Alquran dan hadits nabi. Kesimpulnnya karena kebodohan manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.