Sukses

Arti Ramadan dan Keistimewaannya bagi Umat Islam

Liputan6.com, Jakarta Arti Ramadan secara umum adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam. Dan pada saat Ramadan, umat Islam akan merayakan sebuah tradisi dan menjalankan kewajiban sebagai umat muslim yaitu berpuasa.

Ramadan akan berlangsung selama 29 sampai dengan 30 hari yang ditentukan berdasarkan hilal. Arti Ramadan sendiri diambil dari bahasa Arab yaitu ramada atau ar-ramad yang memiliki arti panas yang menghanguskan atau kekeringan. Hal ini juga disangkutkan dengan Ramadan yang jatuh pada bulan kesembilan dan merupakan saat terjadinya musim panas yang sangat menyengat.

Umat Islam juga diwajibkan untuk melakukan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari pada bulan ini. Meskipun di bulan Ramadan bertepatan dengan musim panas, umat Muslim harus tetap berpuasa karena ini merupakan sebuah kewajiban.

Selain itu, arti Ramadan yang merupakan panas juga diibaratkan sebagai matahari yang begitu panas dan mampu menghapus dosa-dosa umat muslim. Umat muslim percaya bahwa jika melakukan amal ibadah dan juga puasa di bulan Ramadan, maka dosa-dosa akan diampuni.

Di dalam Islam, arti Ramadan juga sangat mulia dan memiliki arti yang sangat istimewa karena terjadi berbagai peristiwa penting. Beberapa hal penting mengenai arti Ramadan bagi umat Islam sudah Liputan6.com himpun dari berbagai sumber, Kamis (2/5/2019).

2 dari 4 halaman

Arti Ramadan untuk Umat Islam

Arti Ramadan sangat penting bagi umat Islam di dunia karena saat Ramadan banyak kejadian-kejadian penting yang mempengaruhi agama Islam hingga sekarang ini. Berikut beberapa kejadian-kejadian penting saat bulan Ramadan.

1. Diturunkannya Alquran

Allah SWT memilih bulan Ramadan menjadi bulan diturunkannya pertama kali wahyu yaitu Alquran kepada Nabi Muhammad SAW, pada tanggal 17 Ramadan. Nabi Muhammad mendapatkan wahyu pertamanya tersebut di sebuah gua bernama Gua Hira berupa Alquran surat Al-Alaq ayat 1 sampai 5.

Hal ini dijelaskan dan diceritakan juga di dalam Alquran, Q.S. Al-Baqarah ayat 185 sebagai berikut:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ

Artinya: (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).

3 dari 4 halaman

Arti Ramadan untuk Umat Islam

2. Nabi Muhammad SAW bersama kaum muslimin menang dalam perang Badar

Perang Badar terjadi pada tanggal 17 Ramadan tahun 2 Hijriah, dan merupakan pertempuran pertama yang dilakukan kaum muslimin setelah berhijrah ke Madinah yang saat itu melawan kaum Quraisy dari Mekkah.

Hal ini di jelaskan dalam Al-Qur'an surat, Q.S. Ali Imran ayat 123 berikut ini:

وَلَقَدْ نَصَرَكُمُ اللَّهُ بِبَدْرٍ وَأَنْتُمْ أَذِلَّةٌ ۖ فَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: Sungguh Allah telah menolong kamu dalam peperangan Badar, padahal kamu adalah (ketika itu) orang-orang yang lemah. Karena itu bertakwalah kepada Allah, supaya kamu mensyukuri-Nya.

3. Bulan di mana Mekkah ditaklukkan

Bulan Ramadan juga menjadi bulan di mana Mekkah berhasil di takhlukan atau sering disebut peristiwa fathu Makkah. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 21 Ramadan, tahun 8 hijriyah.

4. Diangkatnya Nabi Muhammad SAW menjadi seorang Rasullullah

Selain mendepatkan wahyu berupa Al'an, pada tanggal 17 Ramadan Nabi Muhammad SAW juga diangkat menjadi seorang Rasullullah. Nabi Muhammad SAW berusia 40 tahun ketika ayat pertama sekaligus pengangangkatannya sebagai Rasullullah disampaikan kepadanya.

4 dari 4 halaman

Keistimewaan Ramadan Lainnya

1. Ramadan merupakan satu-satunya nama bulan yang terdapat di Alquran, salah satunya pada surat Q.S. Al-Baqarah ayat 185.

2. Saat bulan Ramadan, terdapat sebuah malam satau salah satu malam yang lebih baik dari pada 100 bulan. Hal ini dijelaskan di surat Q.S. Al-Qard ayat 3.

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Artinya: Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.

3. Bulan dimana umat muslim diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa. Dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 183.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

4. Saat bulan Ramadan, amal ibadah akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT.

5. Dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka.

6. Menjadi penebus dosa atau kafarat terhadap dosa-dosa hingga Ramadan berikutnya, sepanjang sholat fardhu dari satu Jum'at ke Jum'at berikutnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Terkait Formula E, Jakpro Targetkan Pengaspalan di Monas Selesai 1 Bulan
Artikel Selanjutnya
Harga Sewa Kantor Premium di Jakarta Masuk Peringkat Termahal di Dunia