Sukses

Keren, Ini 5 Ilmuwan Muslim Berpengaruh di Dunia Teknologi

Siapa sangka di balik penemuan dan industri teknologi saat ini ada sentuhan ilmuwan muslim di belakangnya.

Liputan6.com, Jakarta - Dunia teknologi selalu penuh dengan para pencetus dan penemu ide serta inovasi. Siapa sangka di balik penemuan dan industri teknologi saat ini ada sentuhan ilmuwan muslim di belakangnya.

Hal ini membuktikan ilmuwan muslim juga tidak kalah dan sangat diakui dalam bidang teknologi, seperti ilmuwan barat.

Nah, berikut 5 ilmuwan muslim yang berpengaruh terhadap dunia teknologi di antara ilmuwan-ilmuwan lainnya.

1. Ibnu Al-Haitham

Ibnu Al-Haitham menjadi salah satu tokoh Islam yang berpengaruh di dunia teknologi. Ilmuwan ini menciptakan teknologi optik yang saat digunakan pada perangkat kamera.

Teknologi temuan Ibnu Al-Haitham menginspirasi Rogen Bacon dan Kepler untuk menciptakan mikroskop dan teleskop.

Ilmuwan muslim Ibnu Al-Haitham  (Foto: Wikipedia)

2. Abbas Bin Firnas

Ilmuwan muslim bernama Abbas Bin Firnas merupakan orang pertama di dunia yang membuat konstruksi alat yang bisa terbang.

Pada abad ke-9, Abbas Bin Firnas menciptakan sebuah alat terbang bersayap menyerupai burung dan berhasil menerbangkannya di Cordoba, Spanyol.

Ilmuwan muslim Abbas Bin Firnas (Sumber: Wikipedia)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Al Battani

Al Battani merupakan seorang astronom yang berhasil menemukan hitungan dalam satu tahun terdapat 365 hari, 5 jam, 46 menit, dan 24 detik.

Pria dengan nama lengkap Abu Abdullah Muhammad bin Jabir ibn Sinan ar-Raqqi al-Harrani as-Sabi al-Battani ini juga menemukan sejumlah persamaan trigonometri.

4. Anousheh Ansari

Anousheh Ansari merupakan seorang insinyur asal Iran-Amerika. Ia menjabat sebagai co-founder dan CEO Telecom Technologies.

Dia juga menjadi perempuan muslim pertama sekaligus orang Iran pertama yang berhasil terbang ke luar angkasa. Hebatnya lagi, perjalanannya ke luar angkasa didanainya sendiri.

Ilmuwan muslim Anousheh Ansari (Sumber: Wikipedia)

3 dari 3 halaman

5. Al-Khawarizmi

Al-Khawarizmi atau yang bernama lengkap lengkap Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi adalah seroang ahli di bidang matematika, astronomi, dan geografi dari Iran.

Ia lahir tahun 780 dan wafat pada 850 Masehi. Penemuan yang terkenal dan masih digunakan sampai saat ini adalah Aljabar.

Al-Khawarismi juga dikenal sebagai bapak Algebra atau yang disebut Al Gorisma oleh orang Eropa.

(Tin/Ysl)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.