Sukses

Visi Misi Ganjar-Mahfud Tegaskan Komitmen Pemerataan Ekonomi di Papua

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud Md dinilai telah menunjukkan komitmen untuk mengatasi kesenjangan ekonomi di Papua.

Liputan6.com, Jakarta Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud Md dinilai telah menunjukkan komitmen untuk mengatasi kesenjangan ekonomi di Papua.

Sebagai salah satu pilar penting dalam mempercepat pemerataan pembangunan ekonomi, Ganjar-Mahfud menginisasi kebijakan fiskal dan pembangunan asimetris untuk Papua.

Kebijakan fiskal yang matang dan perencanaan pembangunan yang komprehensif diharap dapat mengurangi kesenjangan ekonomi yang sudah lama ada di wilayah Papua.

"Kebijakan Fiskal dan Pembangunan Asimetris untuk Papua mengurangi kesenjangan ekonomi-sosial karena perbedaan dalam pertumbuhan, pengembangan, dan akses terhadap sumber daya antar daerah melalui redistribusi sumber daya, investasi infrastruktur, insentif pajak, atau dukungan keuangan khusus untuk Papua dalam rangka mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih merata," demikian bunyi pernyataan Ganjar-Mahfud melalui visi-misinya, seperti dikutip Minggu (29/10/2023).

Melalui visi misi tersebut, Ganjar-Mahfud berharap dapat mencapai pertumbuhan ekonomi lebih merata dan mampu mengurangi tingkat kemiskinan secara signifikan, sekaligus meningkatkan kualitas hidup penduduk Papua.

Diketahui, visi misi Ganjar-Mahfud didasarkan pada perbedaan signifikan dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di berbagai daerah di Papua. Contoh, Kabupaten Nduga memiliki IPM yang sangat rendah, sementara kota Jayapura memiliki IPM yang tinggi. Perbedaan ini mencapai hampir 50 poin.

Ahli ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Enny Sri Hartati, mengungkap, peningkatan IPM Papua belum selalu tercermin dalam peningkatan kualitas hidup orang asli Papua. Sebab, sebagian besar peningkatan IPM di Papua disebabkan oleh arus pendatang.

"Ketika kami melihat secara detail, orang asli Papua tidak ada peningkatan IPM secara signifikan. Kalau secara keseluruhan memang iya ada peningkatan karena di Papua terjadi arus pendatang atau penduduk dari luar Papua yang cukup tinggi," kata Enny menjelaskan dalam keterangan terpisah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukungan Ketua Adat Papua untuk Ganjar-Mahfud

Sebagai informasi, saat bersafari Ganjar mengaku menyerap aspirasi dari berbagai pihak khususnya dari masyarakat adat Papua. Hal itu disampaikan saat dirinya bertemu sejumlah ketua adat Papua di Jakarta, Sabtu, (21/10/2023).

Selain menyampaikan dukungan ke Ganjar, mereka juga menyampaikan beberapa harapan dan aspirasi kepada capres.

"Untuk mendukung Pak Ganjar, kami sangat responsif dan kami membutuhkan seseorang yang bisa memahami kesakitan yang kami rasakan. Dia bisa berinteraksi dengan berbagai lapisan masyarakat," kata Ketua Suku Tehit, Papua Barat Daya, Orgenis Richard Sadrafle usai pertemuan dengan Ganjar Pranowo kala itu.

Menurut Orgenis Richard Sadrafle, Ganjar adalah sosok pemimpin yang sangat merakyat. Pengalamannya ketika menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah telah membuktikan kemampuannya.

Dia meyakini bahwa Ganjar Pranowo mampu mengelola pembangunan dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada khususnya kesenjangan ekonomi dan sosial di Papua.

"Karena membangun Papua tidaklah mudah, kami membutuhkan seseorang yang cerdas dan juga memiliki kepekaan terhadap masalah kami," ujar Orgenis Richard Sadrafle.

3 dari 4 halaman

Deklarasi Dukungan Ganjar Presiden di Sorong

Sebelumnya, dukungan dari masyarakat Papua juga sudah di deklarasikan saat peluncuran posko pemenanga di Kota Sorong, Papua Barat.

Mike Sada selaku Ketua Relawan Ganjar Sorong menyatakan bahwa Bumi Cenderawasih percaya Ganjar Pranowo mampu menghapuskan kesenjangan ekonomi dan sosial di Papua dengan pengalamannya sebagai Gubernur Jawa Tengah.

"Masyarakat Papua Barat Daya, hari ini, Selasa, 18 Juli 2023 menyatakan sikap dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024. Tidak dukung Capres lain," kata Mike Sada.

Mike Sada percaya, pengalaman dan dedikasi Ganjar memimpin Jawa Tengah telah menjadi landasan bagi kelompoknya untuk berharap bahwa Ganjar bisa membawa perubahan positif di tingkat nasional, khususnya dalam penyelesaian masalah di Papua dan peningkatan kualitas hidup penduduk Papua.

"Penyerapan aspirasi, pengalaman, dan studi lapangan membuktikan keseriusan menghapus kesenjangan ekonomi dan sosial di Papua," Mike Sada menandasi.

4 dari 4 halaman

Relawan Ganjar-Mahfud Deklarasi Pemilu Damai

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md bersama dengan para pimpinan organ relawan berkumpul di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, dalam rangka konsolidasi sekaligus mendeklarasikan Pemilu Damai 2024.

Dalam kesempatan itu, Ganjar Pranowo pun menyempatkan menyapa melalui sambungan video call.

"Terima kasih sudah berkumpul relawan, mudah-mudahan salurannya bagus. Saya lagi ada di Lampung, Lampung Timur dan bertemu petani, dan malam ini saya akan bertemu lagi dengan masyarakat, dan akan tidur lagi dengan masyarakat," ujar Ganjar kepada seluruh relawan, Kamis malam, 26 Oktober 2023.

"Kita konsentrasi pada kekuatan kita. Selalu berpikir dan berkata yang baik positif agar masyarakat dapat penjelasan yang baik. Seluruh relawan, maka konsolidasi tidak boleh lepas lagi, gaspol, tidak boleh kita ragu-ragu, salam semuanya. Terima kasih," jelas dia.

Para relawan pun tampak antusias membalas sapa Ganjar Pranowo dan mendengarkan pesannya. Mereka juga membacakan secara serentak deklarasi Pemilu Damai 2024.

Adapun isi dari deklarasi Pemilu Damai 2024 adalah sebagai berikut:

Deklarasi Pemilu Damai Indonesia Relawan Ganjar-Mahfud

Kami relawan Ganjar-Mahfud menyatakan pemilihan umum adalah momentum untuk meneguhkan amanah konstitusi dalam mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia

Oleh karena itu, dalam berpartisipasi di pemilihan umum 2024 dengan penuh kesadaran dan semangat kami berkomitmen untuk:

1. Memegang teguh prinsip-prinsip demokrasi dan Hak Asasi Manusia

2. Menjaga harkat dan martabat konstitusi

3. Berperan sebagai pengawal pemilu damai

4. Tidak menyebarluaskan hoaks, disinformasi, dan ujaran kebencian yang menimbulkan disintegrasi

5. Menjaga, mengawal dan mengamankan seluruh tahapan pemilu

Kami sadar bahwa pemilu adalah tanggung jawab bersama untuk memastikan masa depan yang lebih baik bagi Indonesia

Demikianlah kami relawan Ganjar-Mahfud mendeklarasikan komitmen kami untuk menjalani pemilu dengan semangat damai, adil, suka ria dan bermartabat. Semoga Indonesia terus maju sebagai negara yang damai, adil, demokratis dan sejahtera

Jakarta, 26 Oktober 2023

Relawan Ganjar Pranowo-Mahfud Md

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.