Sukses

Golkar dan Demokrat Sepakat Usung Khofifah - Emil Dardak di Pilkada Jatim 2024

Khofifah mengatakan, baru dua partai yang menyatakan sikap mendukungnya dan Emil Dardak maju Pilkada Jatim 2024, Golkar dan Partai Demokrat

Liputan6.com, Jakarta - Khofifah Indar Parawansa menyatakan masih menunggu Partai Gerindra dan PAN menyatakan secara resmi dukungan terhadapnya dan Emil Dardak untuk maju Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024. Sementara untuk Golkar dan Demokrat diyakini telah menentukan sikap.

"Informasi yang kami terima bahwa pada malam hari ini Insyaallah rekomendasi Golkar sudah akan turun paket Khofifah-Emil. Nanti sebetulnya setelah kami terima surat ya kawan-kawan ya,” tutur Khofifah sebelum masuk ke kediaman Ketum Golkar Airlangga Hartarto di Jalan Widya Chandra III Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (17/5/2024).

Menurut Khofifah, baru dua partai yang menyatakan sikap mendukungnya dan Emil Dardak maju Pilkada Jatim 2024.

"Demokrat sudah Khofifah-Emil, dan sekarang Golkar Khofifah-Emil. Kita berharap bahwa ada Gerindra dan PAN mudah-mudahan menyusul Khofifah-Emil,” jelas dia.

Sementara itu, Khofifah mengaku tetap berkomunikasi dengan pihak PDIP dan partai lainnya. Hanya saja, dia belum merinci lebih jauh pernyataannya tersebut.

"Ya kita tetap sih berkomunikasi (dengan PDIP),” ungkapnya.

Emil Dardak menyampaikan, sejauh ini baik dirinya dan Khofifah sama-sama membangun komunikasi dengan berbagai pihak, termasuk PDIP.

"PDIP juga sebenarnya berjalan, Ibu (Khofifah) juga berjalan, Insyaallah gayeng ya bahasa Jawa Timur itu gayeng, artinya suasana sangat cair, akrab,” kata Emil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komunikasi Sebelum Pemilu 2024

 

Yang pasti, sambungnya, komunikasi terjalin sejak awal bahkan sebelum Pemilu 2024, terutama empat partai yang siap mendukung pasangang Khofifah-Emil. Hanya saja, dia tidak secara gamblang menyebutkan partai apa saja yang dimaksud.

“Sudah berapa ya (yang komunikasi), tentunya ini kan sebenarnya sudah komunikasi sudah terjalin dari awal. Dan dari awal sudah ada pernyataan terbuka daripada fungsionaris partai yang cukup konklusif jadi kami cukup istilahnya bisa meyakini. Terutama empat partai pada saat sebelum Pemilu 2024 itu menyatakan sudah ingin mengusung Bu Khofifah sebagai gubernur Jawa Timur periode berikutnya, ini Insyallah untuk kombinasi Khofifah-Emil ada titik temu yang baik,” ujarnya.

"PKB juga komunikasi dengan baik,” Emil Dardak menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.