Sukses

Masuk ke Indonesia, Zeekr Masih Pikir-Pikir untuk Produksi Lokal

Merek mobil listrik mewah asal Cina, Zeekr bakal resmi masuk ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Merek mobil listrik mewah asal Cina, Zeekr bakal resmi masuk ke Indonesia. Jenama Tiongkok ini, juga telah mengungkapkan bakal membawa dua modelnya untuk pasar Tanah Air, yaitu Zeekr X dan Zeekr 009.

Namun, ketika ditanya terkait rencana produksi lokal, Jin Hong Lin Darwin, Managing Director PT Premium Auto Prima, sebagai agen pemegang merek (APM) Zeekr di Indonesia belum bisa memastikan hal tersbeut. Pasalnya, pihaknya akan melihat, potensi insentif yang akan diterima di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Singapura, Thailand, dan juga Indonesia.

"Kita lihat dalam tiga bulan ini, untuk penetrasi Zeekr di pasar ASEAN," jelasnya, saat ditemui di bilangan Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Zeekr sendiri akan berusaha mengatur strategi di Asia Tenggara, terutama untuk pasar setir kanan. Termasuk juga, terkait insentif dan kemungkinan TKDN yang harus dipenuhi untuk satu model listriknya.

"Dalam master plan ya ada (produksi di Indonesia) tapi implementasi tidak akan dalam waktu dekat, karena yang pertama adalah memperkenalkan produk dulu, dan insentif kemungkinan-kemungkinan perakitan lokal," tegasnya.

Sedangkan untuk model Zeekry yang akan dijual di Indonesia, akan didatangkan melalui skema completely built up (CBU) dari Cina.

Berbicara soal Zeekr X dan Zeekr 009, merupakan dua mobil listrik mewah yang dikenal dengan performa superior dan selaras dengan preferensi konsumen Indonesia yang menginginkan model EV yang stylish, efisien, dan berkualitas terbaik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Zeekr Masuk Indonesia, Siap Tantang Mobil Listrik Mewah Lexus

Satu lagi merek mobil listrik asal Cina, yaitu Zeekr resmi masuk ke pasar Indonesia. Jenama Tiongkok ini sendiri dibawa oleh PT Premium Auto Prima (Premium Group), sebagai agen pemegang merek (APM) Zeekr di Tanah Air.

Seremonial kerja sama kedua perusahaan ini, dilakukan Park Hyatt, Jakarta dan dihadiri oleh eksekutif senior dari kedua perusahaan, termasuk JinHong Lin Darwin, Managing Director PT Premium Auto Prima dan Alex Bao Zhuangfei, Managing Director & Head of SEA Region Zeekr.

"Kami merasa sangat bangga dan terhormat dapat bermitra dengan Zeekr, pelopor dalam industri kendaraan listrik. Kolaborasi ini menegaskan komitmen kami untuk menghadirkan solusi otomotif premium, high-end dan ramah lingkungan ke Indonesia," ujar JinHong Lin Darwin, Managing Director PT Premium Auto Prima, Rabu (5/6/2024).

Zeekr sendiri, dikenal dengan kendaraan listrik canggih yang menggabungkan performa tinggi dengan kemewahan dan keberlanjutan, melihat kemitraan ini sebagai langkah strategis untuk memperluas ekspansinya di industri global.

"Indonesia adalah pasar penting bagi Zeekr, dan kami sangat antusias dapat bersinergi dengan PT Premium Auto Prima untuk menghadirkan EV inovatif dan premium kami bagi para konsumen Indonesia," tambah Alex Bao Zhuangfei, Head of SEA Region Zeekr.

Sementara itu, kemitraan dua perusahaan ini juga akan memperluas ekspansi kami di Asia Tenggara sekaligus memperkuat komitmen untuk terus berkontribusi pada lingkungan di wilayah ini.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini