Sukses

Mitsubishi Setop Produksi dan Penjualan di China, Ini Penyebabnya

Mitsubishi telah memutuskan untuk menghentikan produksi dan penjualan di China

Liputan6.com, Jakarta - Mitsubishi telah memutuskan untuk menghentikan produksi dan penjualan di China. Dilaporkan Asia Nikkei, Jumat (29/9/2023), jenama berlambang tiga berlian ini mengalami penurunan permintaan dan meningkatnya ekspansi merek lokal di Tiongkok.

Mitsubishi Motors akan menarik investasinya di GAC Mitsubishi Motors, yang merupakan perusahaan hasil patungan dengan produsen mobil besar di Negeri Tirai Bambu, Guangzhou Automobile Group (GAC).

GAC Mitsubishi Motors sendiri, memiliki pabrik di provinsi Hunan, yang merupakan fasilitas perakitan satu-satunya di China. Kegiatan produksi di pabrik tersebut juga sudah berhenti sejak Maret 2023, dan akan dibiarkan tetap seperti ini.

Sebelumnya, GAC sendiri bakal menggunakan pabrik Hunan untuk memproduksi mobil listrik. Sedangkan Mitsubishi sendiri, tak punya strategi untuk mengembangkan mobil listrik di China, meski GAC sudah mendistribusikan model ramah lingkungan tersebut.

GAC memiliki 50 persen kepemilikan di GAC Mitsubsihi Motors, dan Mitsubishi Motors sendiri memiliki saham 30 persen dan induk perusahaan Mitsubishi Corp sebesar 20 persen.

Namun, GAC Mitsubishi Motors disebut bakal tetap jadi entitas perusahaan meskipun Mitsubishi akan menarik semua investasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mitsubishi XForce Mulai Dikirim ke Konsumen Akhir Oktober 2023

Mitsubishi XForce yang baru saja diluncurkan langsung mendapatkan sambutan positif oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut, bisa dilihat dari jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK) yang sudah melebihi 1.000 unit di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023.

Berstatus sebagai mobil baru, tentu saja konsumen yang ingin memesan Mitsubishi XForce harus sedikit bersabar menunggu mobil dikirim ke rumah. Pasalnya setelah memesan unit, SUV kompak terbaru tersebut tidak bisa langsung dipakai.

"Pengiriman dimulai akhir Oktober nanti," jelas Intan Vidiasari, General Manager of marketing Communication & PR Division PT MItsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), saat ditemui di Karawang, beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, Irwan Kuncoro, Director of Marketing and Sales Division PT MMKSI pun menjelaskan soal konsumen harus sedikit menunggu sebelum unit diantar ke rumah.

"Kita baru mulai produksi Oktober, pemesanan tersebar ke seluruh Indonesia," tegas Irwan.

Sebagai informasi, 95 persen SPK Mitsubishi XForce selama GIIAS 2023 berasal dari varian Ultimate, dan sisanya berasal dari varian Exceed.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.