Sukses

Bengisnya MV Agusta Superveloce Serie Oro

Liputan6.com, Jakarta - MV Agusta meluncurkan Superveloce Serie Oro dan mulai dijual pada pertengahan tahun depan dengan harga sekitar £50.000 atau setara Rp 806 jutaan.

Ketika pertama kali muncul pada 2020, MV Agusta Superveloce 800 dengan mudah menjadi salah satu motor paling menarik. Profilnya dipoles unik, klasik dan futuristik. Model ini langsung ludes terjual dalam hitungan jam, padahal dalam jumlah terbatas.

Ingin mengulangi kesuksesan yang pernah dibuat, MV Agusta menghadirkan model serupa dengan kapasitas lebih besar. Inti dari Superveloce 1000 Serie Oro terdapat banyak hal. Paling mendasar yakni dirinya menggunakan Brutale 1000 RR sebagai basis, termasuk mesin, rangka, dan suspensi. Ada juga beberapa perbedaan, namun secara keseluruhan ia tampak elegan, halus dan berorientasi pada peningkatan performa berkendara.

Sebanyak 40 potongan bodywork berbahan serat karbon. Tangki terbuat dari resin termoplastik dengan campuran carbon fiber. Itu termasuk penutup rem cakram di depan, yang dimaksudkan untuk memberi tampilan rem tromol vintage dari sejarah balap MV. Secara fungsi juga menawarkan ventilasi yang lebih besar untuk kaliper rem dan radiator. Setang agak ke belakang, dan pijakan kaki dapat disesuaikan.

Inspirasi utama Superveloce 1000 Serie Oro berasal dari MV500 pada 1972. Sepeda motor Grand Prix pertama dengan sayap aerodinamis untuk menghasilkan gaya ke bawah pada roda depan. Buat model terbaru menggunakan solusi sayap depan yang unik dengan bargeboard vertikal. Ini dirancang untuk mengontrol aliran udara di sepanjang kerja bodi dan buat memberikan downforce serta efisiensi pendinginan.

“Proses dari awal hingga akhir kami menggunakan teknologi canggih. Pemindaian 3D, dinamika fluida komputer, pemodelan 3D, dan virtualisasi. Salah satu contohnya adalah analisis kami terhadap proses produksi serat karbon dan pilihan berbagai teknologi pembuatan, baik laminasi manual maupun tempa. Semua berdasarkan persyaratan penggunaan nyata," kata Direktur R&D MV Agusta, Brian Gillen.

Superbike berbalut karbon ini menggunakan Brutale 1000RR sebagai basis. Itu berarti dirinya menggendong mesin empat silinder segaris 998 cc. Tenaganya diklaim menghasilkan 208 Hp pada 13.000 rpm (atau 212 hp dengan kit balap terpasang), bersama dengan torsi sebesar 116,5 Nm pada 11.000 rpm. Karena menggunakan enjin versi terbaru, ia memiliki poros penggerak yang berputar dua kali lebih cepat dari poros penggerak utama, yang menurut MV menghilangkan getaran frekuensi tinggi dan mempercepat saat menikung.

“Dengan Superveloce 800, kami menciptakan kategori supersport neo-retro. Kami sekarang telah melangkah lebih jauh, menambah jangkauan dan menciptakan sepeda hypersport neo-retro. Kami telah menggambarkan sejarah kami sebagai pelopor teknologi, tetapi Superveloce 1000 Serie Oro jauh melampaui masa lalu. Penerapan teknologi tidak hanya terfokus pada motor itu sendiri tetapi pada seluruh proses pembuatan. Dari alat desain dan pengembangan hingga industrialisasi,” jelas Gillen.

Selain panel bodi yang seluruhnya berbahan karbon, komponen yang terpasang juga tergolong premium. Suspensi terdiri dari garpu Ohlins Nix EC dengan lapisan TiN di bagian depan, yang dapat disetel sepenuhnya (compression dan rebound dilakukan secara elektronik, sedangkan preload manual). Shock belakang adalah unit Ohlins EC TTX, yang juga dapat disesuaikan secara elektronik.

Swingarm satu sisi paduan aluminium terhubung dengan pin yang dapat disesuaikan ketinggiannya (+ atau – 4mm), menawarkan perjalanan roda belakang 120 mm. Superveloce 1000 Serie Oro juga menawarkan peredam kemudi Ohlins yang dapat disetel secara elektronik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Komponen Lainnya

Perangkat pengereman juga top-of-the-line. Sepasang kaliper monobloc Brembo Stylema yang dipasang secara radial melakukan pekerjaan di depan, dengan cakram rem 320 mm. Kaliper dua piston tunggal menghentikan roda belakang dengan cakram 220mm.

Roda dirancang khusus oleh CRC, Research Center di San Marino. Desain dicirikan oleh integrasi berbagai teknologi. Terbuat dari paduan aluminium tempa dikombinasikan dengan lima jari-jari radial. Sebuah kombinasi sempurna antara gaya modern dan retro.

Untuk mengisi bagian belakang, Superveloce 1000 Seri Oro mendapatkan knalpot titanium 4 lubang yang sangat spesial. Dirancang khusus oleh Arrow, pabrikan knalpot terkenal asal italia. Khusus paket pembelian kit balap sudah disertakan pemetaan ECU.

Bagian elektronik juga tak kalah istimewa. MV Agusta Superveloce 1000 Serie Oro mendapatkan ECU yang dipetakan secara khusus, dengan tweak yang dibuat pada gearbox MV's Electronically Assisted Shift Up & Down, cornering ABS, dan sistem mitigasi lift-up roda belakang. Terdapat pula delapan tingkat kontrol traksi yang dapat dialihkan, sedangkan IMU menangani kontrol wheelie.

Di bagian kokpit ada layar TFT 5,5 inci dengan lampu latar dan penuh warna. Seluruh informasi kondisi motor motor dapat dilihat dari on-board tersebut. Fitur konektivitas smartphone juga telah terpasang, dengan mengkoneksikan melalui aplikasi MV Ride (tersedia untuk Android dan iOS).

"Mereka memiliki karakteristik khusus yang dapat kami manfaatkan, seperti pengurangan ketebalan dan ketahanan multi-arah dari serat karbon tempa. Teknologi, tidak hanya untuk komponen itu sendiri tetapi juga seluruh proses. Kami telah dapat menggunakan teknologi baru yang hanya sampai satu beberapa tahun yang lalu akan dianggap futuristik, dan yang telah kami gunakan untuk mengeksplorasi hubungan antara gaya dan teknik,” tutup Gillen.

Bisa dikatakan kalau Superveloce mewakili keindahan Italia. Didesain untuk performa tinggi dengan gaya yang unik. Superveloce 1000 Seri Oro adalah perpaduan sempurna antara tampilan dan mekanis. Ia mampu mencapai keseimbangan antara fondasi klasik dan solusi futuristik, mewujudkan keunggulan roda dua asal negeri Spaghetti.

Sumber: Oto.com

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS