Sukses

Motor Listrik Gesits Buatan Indonesia Mulai Diekspor ke Senegal

Liputan6.com, Bogor - PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) mulai melakukan ekspor perdana motor listrik Gesits ke Senegal. Sebanyak satu container kendaraan roda dua ramah lingkungan karya anak bangsa ini, dilepas dari Pabrik WIMA di Kawasan Industri WIKA, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Direktur Utama WIMA, M. Samyarto mengatakan bahwa ekspor motor listrik GESITS ini merupakan perdana dilakukan oleh WIMA setelah pada Juni lalu dilakukan peluncuran resmi Gesits di Senegal oleh Duta Besar RI Dakar.

"Pelaksanaan ekspor perdana motor listrik Gesits ini adalah suatu bukti nyata bahwa kualitas produk yang lahir dari anak bangsa Indonesia, tidak hanya dapat digunakan di Indonesia saja, namun mampu bersaing di pasar global. Hal ini juga membuktikan bahwa Gesits adalah suatu produk yang unggul dan berkualitas di kelasnya," Ujar Samyarto

Lebih lanjut, Samyarto, juga menggarisbawahi bahwa pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan banyak pihak, di antaranya Kementerian Luar Negeri Indonesia khususnya Kedutaan Besar RI di Dakar, yang turut mempromosikan Gesits di kawasan Afrika Barat.

"Dukungan tersebut merupakan wujud nyata pelaksanaan diplomasi ekonomi untuk menembus pasar prospektif di wilayah Afrika Barat serta bentuk konkrit dukungan program BUMN Go-Global," tegasnya.

Momentum kedatangan motor listrik Gesits tersebut, nantinya akan dimanfaatkan KBRI Dakar pada acara pameran dagang terbesar di Senegal (FIDAK), awal Desember 2021. Pameran Dagang ini tidak hanya akan dihadiri oleh masyarakat Senegal, namun juga potential buyers dari negara-negara lain, khususnya dari wilayah Afrika Barat. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi

Sebagai informasi, Gesits sendiri sudah menjadi salah satu motor listrik yang bisa menjadi pilihan konsumen. Kendaraan ramah lingkungan ini sudah mengadopsi permanent magnet synchronous motor 2kW rated, 5kW peak, Gesits memiliki tenaga puncak 5kW atau 7,5 Tk pada 3.600 rpm, dan torsi maksimal 30 Nm pada 0-2.125 rpm.

Akselerasi 0-50 km per jam diklaim membutuhkan waktu 5 detik, sedangkan kecepatan puncak mencapai 70 km/jam. Jarak tempuh single battery mencapai 50 kilometer, dan dual battery mencapai 100 kilometer.

Sistem pendinginan Gesits menggunakan pendingin udara. Belt penggeraknya menggunakan gates poly chain GT carbon belt.

Skuter listrik ini memiliki waktu pengecasan baterai sekitar 1,5-3 jam.

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.