Sukses

Puncak Arus Mudik Idul Adha Diprediksi Terjadi Sore Ini

Liputan6.com, Jakarta - Meningkatnya volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Gerbang Tol Cikunir diprediksi terjadi Kamis (30/7/2020) sore ini. Hal ini berkaitan dengan Perayaan Idul Adha, Jumat 31 Juli 2020.

"Kita perkirakan pada Kamis sore nanti sudah ada peningkatan arus lalin," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo dilansir kanal Megapolitan, Liputan6.com.

Sebagai langkah antisipasi, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah mendirikan 28 pos pengamanan untuk memantau arus kendaraan.

"Nantinya yang meninggalkan Jakarta atau pada arus mudik dipantau mulai dari Gerbang Cikurnir, kemudian rest area 19, 33, 39, kemudian rest area di Kunciran yang KM 13 arah merah, kemudian di exit Tol Cibubur. Sementara di arus baliknya dipantau dari beberapa rest area seperti di KM 6, di Cikunir, Karang Tengah," ujarnya.

Tak hanya tersebar di beberapa jalan arteri dan tol, pos pengamanan juga terdapat di stasiun kereta serta terimal bus.

"Tanjung Priok, Terminal Kampung Rambutan, Kalideres, Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Stasiun Jati Negara. Kita tempatkan jufa di situ untuk berjaga-jaga," tutur Sambodo.

Selain menempatkan 749 personel di pos pengalaman, Polda Metro Jaya juga merancang skenario lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan, salah satunya menerapkan contraflow.

"Skenario kedua dilaksanakan kalau misalnya arus meninggalkan Jakarta menuju ke timur terjadi kepadatan, tidak mampu ditampung di elevated atau di elevated ada masalah, seperti kecelakanan yang mengakibatkan tertutupnya jalan tol elevated," kata Sambodo.

2 dari 4 halaman

Satu Arah

Sambodo juga berencana memberlakukan oneway jika kepadatan tidak bisa teratasi dengan sistem contraflow. Tapi khusus kebijakan ini, kata Sambodo perlu koordinasi dengan Korlantas.

"Contraflow dan oneway pasti menyangkut perbatasan, apakah dengan Polda Jabar kalau ke arah Bogor ke Karawang atau Polda Banten kalau ini ke arah Tangerang, tapi intinya kita siap," ujar dia.

 

3 dari 4 halaman

Kesiapan Pengamanan

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan apel kesiapan pengamanan Idul Adha digelar sore nanti.

"Kamis sore akan dilaksanakan giat gelar pasukan khususnya teman-teman dari Ditlantas Polda Metro Jaya. Rencana akan kita laksanakan sekitar pukul 15.00 WIB di Polda Metro Jaya," ujar dia.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: