Sukses

Kawasaki Kembangkan Paten Motor Roda Tiga, Begini Wujudnya

Liputan6.com, Jakarta - Kawasaki resmi mengajukan paten desain motor roda tiga. Bahkan, bentuk dari kuda besi 'berkaki tiga' dari pabrikan Geng Hijau ini bakal lebh nyeleneh, dibanding desain dari jenama roda dua yang sudah ada.

Melansir RideApart, desain roda tiga Kawasaki ini bakal menggunakan sepasang roda depan yang memungkinkan sepeda miring dan bersandar ke sudut. Sistem roda tiga ini, sepertinya bakal diadopsi oleh motor sport milik pabrikan Jepang tersebut.

Sistem kerja penggerak roda depannya dilengkapi center-hub steering. Serupa Bimota Tesi H2, proyek kolaborasi awal setelah Kawasaki resmi mengakuisisi Bimota. Hanya saja ke depannya, sistem kemudi berpelengkap ball joint dan tie road itu diaplikasi untuk dua roda depan.

Konon, para insinyur Kawasaki memperkayanya dengan perangkat elektronik. Semisal: pengaturan suspensi hingga yang paling umum yaitu sistem pengunci roda depan untuk kebutuhan parkir.

Tak ada penjelasan soal spesifikasi mesin, meski bisa dipastikan menganut konsep sport. Ideal bila kubikasi mesinnya di atas 250 cc. Konsep tadi juga diperkuat bentuk tangki bensin gambot serta buritan menjulang.

Para pakar otomotif memprediksi, sistem roda tiga Kawasaki ini bisa saja terealisasi beberapa tahun lagi.

2 dari 3 halaman

Qooder, Motor Gambot Beroda Empat Resmi Mengaspal di Indonesia

Pecinta sepeda motor di Tanah Air, kembali mendapatkan pilihan baru di segmen skuter matik (skutik) gambot beroda empat, Qooder. Kuda besi yang juga disebut quadricycle ini, diimpor oleh distributor PT Gforce Indonesia, dengan status skutik beroda empat pertama di Asia Tenggara.

Dijelaskan Budi Kurniawan, Direktur Utama PT Gforce Republic, banyak masalah di dunia permotoran yang berhubungan dengan kestabilan. Banyak konsumen, yang menginginkankan sepeda motor yang hampir sempurna.

"Kenapa kita memilih brand ini, kita melihat pada saat berkendara adalah kita mengimpikan keamanan," jelas Budi, di sela-sela peluncuran Qooder di Papabro, Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (13/12/2019).

Berbicara spesifikasi, Qooder dengan empat roda mendapatkan sistem yang menunjang keamanan dan kenyamanan saat digunakan. Dengan sistem yang disebut HTS, atau Hidrolic Tilting Suspension, sepeda motor ini mampu memberikan stabilitas prima saat digunakan di berbagai medan.

"Dengan sistem tersebut, masing-masing roda akan bergerak sesuai dengan medan jalan yang dilalu. Ini sudah dipatenkan oleh Qooder. Jadi, sistem ini akan mengatur tekanan di masing-masing suspensi," tegasn

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Loading