Sukses

Ini Mobil dan Motor Terbaik 2019 di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Forum Wartawan Otomotif (Forwot) kembali menyelenggarakan pemilihan mobil dan motor terbaik, bertajuk Forwot Car of the Year (FCY) dan Motorcycle of the Year (FMY) 2019. Tahun ini, perhelatan tersebut berbeda dengan tahun sebelumnya, dengan menggabungkan dua acara tersebut menjadi satu malam penganugerahan.

Sebagai mobil terbaik tahun ini, terpilih Wuling Almaz dan motor terbaik disabet Honda ADV150. Acara tahunan ini sendiri sebagai bentuk apresiasi kepada para produsen mobil dan sepeda motor di Tanah Air.

Berbicara segmen roda empat, Wuling Almaz mengalahkan empat finalis lain, yaitu DFSK Glory 560, Honda Brio, Mazda 3, dan Suzuki Jimny. Jumlah mobil FCY 2019 mencapai 36 mobil baru yang diluncurkan dan sudah dijual di Indonesia dalam periode Agustus 2018 sampai Juli 2019.

"Jumlah itu lebih banyak dibandingkan 2018, yang hanya 23 mobil baru, dan 2017 hanya 32 mobil baru. Ini menunjukkan bahwa Indonesia masih menjadi pasar potensial kendaraan roda-empat,” ujar Ketua Umum Forwot, Indra Prabowo, di sela-sela malam pengumuman mobil terbaik, Selasa (15/10/2019).

FCY 2019 memilih Wuling Almaz sebagai pemenangnya, karena mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) itu meraih penilaian tertinggi, yakni 159 poin. Posisi kedua ditempati Suzuki Jimny dengan 140 poin, DFSK Glory 560 mendapatkan 92 poin, Honda Brio 89 poin, dan Mazda 3 80 poin.

Penjurian dilakukan oleh 21 jurnalis dari berbagai media yang merupakan anggota Forwot, dan tentu mereka memiliki kompetensi serta jam terbang tinggi. Tercatat ada 10 faktor utama yang menjadi penilaian penting di Forwot Car of the Year 2019.

2 dari 3 halaman

Motor Terbaik

FMY juga memberikan informasi dan referensi terkait motor-motor terbaik di Tanah Air dalam satu tahun terakhir. Di tahap pertama penjurian, kendaraan-kendaraan roda dua yang masuk nominasi adalah produk terbaru yang sudah terjun ke pasar dalam periode September 2018 sampai Agustus 2019.

Di tahap awal terdapat 15 motor terbaru yang diluncurkan oleh masing-masing agen pemegang merek dalam periode tersebut. Jenisnya cukup banyak, mulai dari naked bike, sport bike, sampai skutik (skuter matik), dan proses pemilihan pertama itu dilakukan oleh 83 juri dari berbagai media berbeda.

Kemudian terpilih lima motor yang lolos ke tahap penilaian akhir, yakni Honda ADV 150, Yamaha MT-15, Suzuki GSX 150 Bandit, Yamaha FreeGo, Kawasaki Ninja 250. Kelima motor tersebut kembali dinilai oleh dewan juri yang sudah diseleksi Forwot berdasarkan pengalamannya.

Jumlah juri yang melakukan penilaian terdiri dari 21 jurnalis, dan masing-masing juri mengantongi 25 poin untuk melakukan penilaian kelima motor tersebut. Berbagai macam aspek penilaian menjadi dasar utama Honda ADV 150 bisa dinobatkan sebagai Motorcyle of The Year 2019.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Lawan Sepadan Wuling Almaz
Artikel Selanjutnya
Pesan Honda ADV150 Sekarang, Kapan Sampai ke Rumah?