Sukses

Yamaha NMax 2020 vs Honda ADV150, Lebih Menarik Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan di pasar skuter matik (skutik) dipastikan bakal semakin sengit di tahun depan. Pasalnya, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan all-new Yamaha NMax, dengan segala ubahan baik dari segi desain, fitur, dan juga mesin.

Kemunculan skutik gambot terbaru dari pabrikan berlambang garpu tala ini, yang memiliki berbagai fitur canggih, tentu saja membuat para pesaingnya, seperti Honda ADV150 wajib mawas diri.

Berikut, perbandingan all-new Yamaha NMax dan Honda ADV150:

Desain

Tampilan depan all-new Yamaha NMax ini sejatinya tidak berubah banyak, masih menonjolkan citarasa model lawas. Namun, untuk sistem pencahayaan cukup berbeda, dengan sein yang sudah terpisah tapi tetap menggunakan bohlam.

Dibekali dengan LED Head & Tail Light yang memiliki desain lampu depan dan belakang mewarisi MAX Series DNA serta sudah menggunakan LED, memancarkan cahaya lebih terang, lebih hemat energi, dan tahan lama. Serta Hazard Lamp yang berfungsi untuk memberi tanda dalam situasi darurat.

Sedangkan Honda ADV150 justru mencerminkan sosok skutik agresif. Terlihat pada tarikan garis-garis di sekujur tubuhnya. Didukung dengan bentuk windscreen yang stylish, knalpot menjulang serta desain lampu belakang X dan spakbor bak motor sport.

Kaki-kaki skutik ini, juga lebih modis lewat model wavy disc brake plus roda belang (14-13 inci) dan ban semi dual purpose. Desain lampu utama ADV150 sudah dual headlamp.

2 dari 3 halaman

Fitur

Berbicara soal fitur, all-new Yamaha NMax hadir dengan tidak main-main. Bahkan, model ini sudah dilengkapi dengan fitur canggih, melalui Teknologi Comunication Control Unit (CCU), yang terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) berbasis Bluetooth.

Teknologi ini memungkinkan pengendara mampu menyimpan tempat parkir Phone & Message Notification, dan membantu pengguna mengetahui kondisi oli, mesin, dan vooltase baterai, dan fungsi malfunction notification. Memberikan notifikasi melalui email jika terjadi masalah pada motor.

Sedangkan Honda ADV150 memiliki konsol tertutup (sebelah kiri) dengan kelengkapan power outlet untuk mengisi baterai smartphone. Fitur ini absen pada NMax dan ruang penyimpanannya juga terbuka.

Windscreen ADV150 punya dua mode penyetelan (adjustable). Dan, untuk mengubah posisinya tak perlu menggunakan baut. Fitur ini perdana ditemui pada skutik 150cc, yang artinya tak dimiliki NMax.

Rumah kunci ADV150 juga sudah modern dengan penggunaan smart key system. Selain keyless, untuk menyalakan mesin, cukup menggunakan knob saja. Pada area itu juga terdapat tombol pembuka jok dan tangki bensin.

All-new NMax versi ABS juga telah dilengkapi model yang sama dengan ADV150. Hanya saja, pada tipe standar masih menggunakan kunci berpengaman magnet saja.

3 dari 3 halaman

Mesin

All new Yamaha NMax disematkan mesin 155cc dengan teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA).

All new NMax 155 juga sudah dilengkapi Stop & Start System (SSS) yang berfungsi untuk menjaga konsumsi bahan bakar agar tetap efisien pada saat motor sedang berhenti. Serta didukung Smart Motor Generator (SMG) yang membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.

Selain itu, mesin baru all new Nmax 155 memiliki air cleaner box yang lebih besar, cylinder head dengan katup intake yang besar, serta desain ruang bakar (combustion chamber) yang ringkas dan menggunakan piston YZF-R15.

Sedangkan Honda ADV dipersenjatai mesin dengan basis yang sama dengan PCX 150, jantung pacu motor ini berkapasitas 149 cc dengan diameter x langkah 57,3 x 57,9 mm dengan nilai kompresi 10,6:1.

Perbedaan ada pada torsi yang dihasilkan. Tenaga yang mampu dihasilkan ADV 150 yaitu 10,7 kW pada 8.500 dan torsi 13,8 pada 6.500 rpm. Sedangkan PCX 150 menghasilkan 10,8 kW pada 8.500 rpm dan torsi 13,2 pada 6.500 rpm.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Menjajal Kemampuan Honda ADV 150, Pesaing Yamaha NMax
Artikel Selanjutnya
Diprediksi Kanibalisasi, Bagaimana Penjualan Honda PCX Setelah ADV150 Lahir?