Sukses

4 Cara Mudah Menghemat Penggunaan BBM Mobil Saat Mudik

Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum menempuh perjalanan mudik. Selain persiapan mobil dan fisik, Anda juga harus menyiapkan dana untuk beragam pengeluaran.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum menempuh perjalanan mudik. Selain persiapan mobil dan fisik, Anda juga harus menyiapkan dana untuk beragam pengeluaran.

Nah, pengeluaran dana ini harus selalu dicermati. Jangan sampai perjalanan yang seharusnya menyenangkan, malah bikin kantong kita bolong.

Untuk menyiasati pengeluaran berlebih, menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan menjadi solusinya. Ada satu tips yang bisa Anda kerjakan, yaitu Eco-driving. Dilansir Statefarm, ada beberapa cara mudah untuk melakukan Eco-driving.

1. Akselerasi Kendaraan Secara Perlahan

Melakukan Eco-driving sangatlah mudah. Pertama dan yang terpenting, Anda harus berkendara dengan tenang, tanpa tergesa-gesa. Hindari Stop and Go secara mendadak dan sering-seringlah melakukan akselerasi secara perlahan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Jaga Kecepatan Kendaraan

Berkendara dengan kecepatan stabil memang cukup sulit dilakukan, apalagi kalau jalanan sedang sepi. Secara spontan, kebanyakan pengendara akan memacu kendaraan sekencang mungkin. Namun untuk Eco-driving, hal ini harus dihindari.

Kecepatan yang stabil merupakan bagian penting dari Eco-driving. Anda harus mengontrol kecepatan kendaraan secara bijak, hindari menaikkan kecepatan yang tidak perlu, serta rem mendadak.

3. Hindari Batas Maksimal Kecepatan

Hal yang patut dihindari dari Eco-driving adalah memacu kendaraan terlalu berlebihan, bahkan sampai melebihi batas maksimal kecepatan.

Ketika Anda memacu kendaraan sekencang mungkin, maka isi tangki kendaraan akan cepat terkuras. Semakin kencang kendaraan melaju, maka semakin banyak pula konsumsi BBM, serta bertambah pula isi kantong yang keluar.

 

3 dari 3 halaman

4. Matikan Mesin saat Berhenti

Cara terakhir untuk menghemat konsumsi BBM dengan Eco-driving adalah sering matikan mesin jika kendaraan berhenti, kecuali di lampu merah. Dikarenakan pengendara harus selalu siaga, agar bisa menghindari apa pun yang tidak diinginkan.

Apabila akan berhenti lebih dari 30 detik, seperti di tempat parkir, pinggir jalan, atau saat mengisi BBM, sebaiknya matikan mesin dan menyalakannya lagi jika akan melanjutkan perjalanan. Cara ini cukup efektif untuk menghemat konsumsi BBM kendaraan.

Sumber: Otosia.com

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini