Sukses

Mau Mudik Naik Bus, Baiknya Pilih yang Tertempel Stiker Uji Kelaikan

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Lebaran, persiapan mudik yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan telah mencapai 90 persen. 

"Untuk kesiapan mudik, kita sudah mencapai 90 persen karena sudah mulai sejak Januari. Kita juga sudah membuat penelitian mengenai preferensi masyarakat yang akan mudik,"  kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dalam keterangan resminya, Minggu (27/5).

Budi juga mengingatkan baiknya pemudik tidak menggunakan sepeda motor untuk melakukan perjalanan ke kampung halaman. Hal ini guna menekan kecelakaan yang masif.

Ia menegaskan agar pemudik bisa menggunakan moda transportasi yang aman dan tidak hanya memanfaatkan jalan tol saja melainkan jalan nasional juga.

"Kalau nanti ingin mudik menggunakan bus, calon penumpang dapat memastikan terdapat stiker yang menandakan bahwa bus tersebut telah lulus pemeriksaan teknis dan dinyatakan laik jalan," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

selanjutnya

Bagi para pemudik yang akan lewati jalur darat, Budi mengajak agar menggunakan jalan nasional non-tol agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di jalan tol.

"Kita sudah memetakan kembali dan sepertinya sama seperti tahun lalu, yang paling krusial itu di Tol Cipali. Setelah itu baru Pelabuhan Merak, oleh karena itu kita buat suatu pemetaan preferensi masyarakat," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.