Sukses

Tahun Depan, Honda PCX 150 Hybrid dan Listrik Masuk Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Setelah lama dinanti, PT Astra Honda Motor (AHM) akhirnya merilis skutik all new Honda PCX 150 dengan sejumlah perubahan yang cukup menggairahkan.

Akan tetapi, peluncuran kali ini AHM hanya menawarkan all new Honda PCX 150 dengan mesin konvesional, berbahan bakar bensin saja. Padahal di Tokyo Motor Show, Oktober 2017, Honda memamerkan skuter bertubuh bongsor tersebut dengan opsi teknologi hybrid dan listrik.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Pemasaran PT AHM Thomas Wijaya angkat bicara. Kata dia, Hodna PCX versi hybrid dan versi listrik butuh penyempurnan yang lebih dibandingkan dengan model konvesional.

“Jadi yang lebih well, prepare-lah di sana (Jepang). Kalau PCX 150 yang bahan bakar memang kita sudah ada teknologinya, sudah ada desainnya, ya jadi kami bisa launching lebih awal,” ucap Thomas kepada wartawan saat peluncurannya all new Honda PCX 150 di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, Rabu (13/12/2017).

Thomas menyatakan, alasan Honda Indonesia belum menggunakan teknologi hybrid dan listrik yaitu menyesuaikan pasar. Pasalnya, skuter PCX 150 dibuat secara global, sehingga aturan yang ditentukan harus disesuaikan secara global, tapi tetap mengikuti aturan berlaku.

Namun dia tak menampik,  Honda PCX 150 hybrid dan listrik masih menunggu regulasi pemerintah.

“Bisa-bisa saja, tentu kami juga akan menyesuaikan, mengikuti dengan regulasi dari pemerintah juga. Ditunggu info dan undangannya. Mudah-mudahan bisa di semester satu,” tutup Thomas.

1 dari 2 halaman

Honda PCX Hybrid dan Listrik

Honda motor Co Ltd memperkenalkan Honda generasi baru yaitu yang bertenaga listrik. Sayangnya, pihak PT Astra Honda Motor belum bisa memastikan kapan model ini akan masuk ke Indonesia. 
 
CEO Honda Motors Co Ltd Takahiro Hachigo menjelaskan, Honda telah memimpin upaya pengurangan emisi gas buang dengan mengadopsi mesin 4 langkah dan teknologi injeksi bahan bakar jauh lebih dulu dari produsen lain.
 
Kini, Honda membuat kemajuan dalam pengembangan produk sepeda motor elektrik. "Saat ini, kami memamerkan PCX Hybrid dan PCX Electric baru yang sedang dikembangkan berdasarkan model skuter Honda PCX, yang telah populer di seluruh dunia," jelas dia dalam acara Tokyo Motor Show 2017, Jepang Oktober lalu.
 
Honda PCX versi listrik atau electric akan segera dipasarkan di Jepang tahun depan. Selanjutnya akan menyusul negara lain. 
 
Skutik listrik Honda yang berdimensi panjang 1,923 mm, lebar 745 mm, dan tinggi 1.107 mm ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan pengendara masa depan yang lebih harmonis dengan lingkungan sekitar.
 
Honda PCX Electric dibekali motor dengan baterai jenis Li-ion yang ergonomis karena bisa dilepas (Honda Mobile Power Pack). Output-nya diklaim di 0,98 kW.
 
Untuk masuk pasar Indonesia, Direktur Marketing PT Astra Honda Motor (AHM) Thomas Widjadja mengatakan, masih akan melakukan studi terlebih dahulu, jika pada saatnya akan dibawa ke Indonesia.
 
“Kita lihat dulu pasarnya, selain itu seperti regulasi pemerintah. Jika semuanya sudah siap bersamaan kesiapan infrastruktur kita,” katanya.
Artikel Selanjutnya
Honda PCX Hybrid Lokal Dirancang untuk Irit dan Kencang
Artikel Selanjutnya
Top3 Berita Hari Ini: Toyota C-HR Belum Berdaya dan Harga Honda Vario