Sukses

Wapres: GIIAS Memicu Pertumbuhan Ekonomi

Hajatan tahunan ini akan berlangsung mulai 11 hingga 22 Agustus di ICE BSD City, Tangerang.

Liputan6.com, Tangerang Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, menghadiri pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Hajatan tahunan ini akan berlangsung mulai 11 hingga 22 Agustus di ICE BSD City, Tangerang.

Selain Jusuf Kalla, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto dan Gubernur Banten Rano Karno turut hadir untuk menyaksikan pembukaan hajatan otomotif nasional yang kini jadi agenda dunia tersebut.

Ketua Gaikindo Yohannes Nangoi dalam sambutannya mengatakan, GIIAS merupakan hajatan ke-24 yang rutin digelar asosiasi sejak 1986. Di samping itu, pameran ini juga jadi indikator pesatnya industri otomotif nasional.

"Industri otomotif kontribusi terhadap ekonomi Indonesia. Penjualan mobil dalam negeri dari 2009 hingga 2015 tumbuh 18,3 persen," kata dia.

Mengambil tema 'Green Technologi for Better Future', GIIAS 2016 diramaikan 361 peserta termasuk 31 APM, yang terdiri dari 25 merek kendaraan penumpang dan 6 merek kendaraan komersial.

"GIIAS adalah satu-satunya pameran yang didukung asosiasi," ia menambahkan.

Lebih lanjut, GIIAS sebut Yohannes, sudah di bawah OICA. Sehingga pameran Gaikindo ini masuk dalam agenda dunia dan sejajar dengan Frankfurt Motorshow dan Tokyo Motor Show.

Sementara itu, Jusuf Kalla berharap hadirnya GIIAS dapat memicu pertumbuhan ekonomi. "Industri mobil (diharapkan) memberikan keuntungan bagi masyarakat, pengusaha, industri dan membawa kemajuan teknologi dan menambah pendapatan pemerintah," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) adalah pameran otomotif terbesar di Indonesia. Pameran ini memulai sejarahnya sejak 1986

    GIIAS

  • GIIAS 2016