Sukses

Nissan Luncurkan Serena yang Bisa Berjalan Sendiri

Nissan Motor akan merilis minivan Serena yang telah dilengkapi fitur semi otonomos pada Agustus ini.

Liputan6.com, Yokohama - Nissan Motor akan merilis minivan Serena baru pada Agustus ini. Tak seperti Serena biasa, mobil ini telah dilengkapi dengan teknologi semi otonomos sehingga bisa berjalan tanpa pengemudi dalam batas tertentu.

Melansir Asia Nikkei, Selasa (19/4/2016), Serena spesial ini akan dibanderol dengan harga sekira 2,5 juta yen atau setara Rp 299,5 juta di Jepang. Harga ini tak berbeda jauh dibanding Serena versi standar.

Sebagaimana mobil otonomos lain, Serena baru ini telah dilengkapi dengan sensor untuk membaca situasi jalanan. Dengan alat ini, mobil bahkan bisa melaju di kemacetan sekalipun tanpa menabrak mobil atau objek lain.

Meski demikian, mobil ini masih dapat dikemudikan karena masih dilengkapi stir. Itu mengapa mobil ini lebih tepat disebut mobil otonomos.

Mode autodrive akan nonaktif jika pengemudi menggeser stir atau menginjak rem. Setelah mode ini mati, maka mobil bisa dijalankan layaknya mobil pada umumnya.

Dikatakan, mobil ini menjadi semacam terobosan dan demonstrasi teknologi yang dimiliki Nissan. Nissan baru akan merilis mobil full otonomos pada 2020.

Otoritas Jepang sendiri sebetulnya memperbolehkan uji coba mobil otonomos di jalan raya, dengan syarat-syarat tertentu. Mereka bahkan bekerja sama dengan pabrikan demi mempercepat realisasi mobil masa depan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini