Sukses

Jajaran Motor Sport Honda Bakal Menganut Kopling Ganda

Honda berencana mengemas kopling ganda pada jajaran motor sport-nya.

Liputan6.com, Tokyo - Honda dikabarkan sedang mempersiapkan dual clutch transmission (DCT) yang akan digunakan pada line-up motor sport. Kosaku Takahashi, insinyur DCT mengatakan sistem transmisi secara kontinu dikembangkan dan akan disematkan pada sepeda motor berperforma tinggi.

Saat ini, kata dia, penggunaan DCT belum bisa diperluas untuk motor balap. Sebab, penyematan transmisi ini akan menambah bobot mencapai 10 kilogram.

Dilansir Paultan, DCT telah digunakan sebagai standar atau opsional pada beberapa model yaitu NC, CT, VFR, serta skuter NM4 Vultus, dan Integra. Model baru yang dipastikan mendapat DCT yaitu motor dual purpose, CRF1000L Africa Twin.

Dikatakan, motor Honda yang menganut DCT bakal punya tiga modus transmisi yang dapat dipindah melalui saklar di setang sebelah kanan. Mode D merupakan transmisi otomatis seperti mobil di mana pengendara hanya tinggal memuntir tuas gas.

Lebih lanjut, mode S akan mempersingkat perpindahan gigi sehingga lebih cepat saat akselerasi. Saat berpindah ke mode M, pengendara bakal memindah gigi secara manual melalui saklar di setang kiri.

Bagi sebagian orang, adanya DCT dianggap mengubah sepeda motor menjadi skuter berkelas. Menurut Takahashi, DCT hampir mirip dengan transmisi seamless, karena mempercepat perpindahan gigi dengan distribusi tenaga secara konstan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.