Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

5 Warna Khas Truk Legendaris Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Truk menjadi moda tranportasi andalan, khususnya bagi sektor industri, tambang, juga perkebunan. Di luar kendaraan penumpang, Agen Pemegang Merek (APM) pun memiliki seabrek line-up yang menyasar sektor tersebut. 

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan kendaraan niaga untuk jenis truk di Indonesia masih didominasi oleh beberapa pemain saja. Di antaranya adalah Mitsubishi, Hino, dan Isuzu.

Salah satu hal yang menarik jika melihat pemain di industri truk ini adalah ciri khas masing-masing, lebih spesifiknya dalam hal pemilihan warna. Boleh dibilang, setiap pabrikan telah memiliki identitas warna.

Penasaran warna apa saja yang menjadi ciri khas produsen truk di Indonesia? Berdasarkan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

>> Klik laman selanjutnya

2 dari 6 halaman

Kuning

Kuning

Jika Anda melihat truk di jalan raya dengan warna kuning, maka dapat dipastikan yang Anda lihat diproduksi Mitsubishi. Ya, kuning memang merupakan warna andalah Mitsubishi untuk mempertahankan dominasi mereka dalam pasar truk nasional.

Pemilihan warna kuning bukan tanpa sebab, dan mungkin juga karena beragam alasan. Tetapi yang jelas, Colt Diesel sebagai model truk paling laris nyatanya dikelir dengan warna kuning, bahkan ia mendapat julukan "si kepala kuning" karena hal tersebut.

>> Klik laman selanjutnya

3 dari 6 halaman

Hijau

Hijau

Hijau telah identik pada truk keluaran Hino. Sama seperti Colt Diesel, hijau adalah warna dominan pada model terlaris Hino, yaitu Ranger. Pada 2014 lalu, Hino Ranger Indonesia berhasil terjual sebanyak 30 ribu unit dari total 168 ribu unit penjualan di seluruh dunia.

Uniknya, ciri khas warna hijau nampaknya hanya berlaku di Indonesia. Di Jepang misalnya, Hino Ranger lebih identik dengan kelir putih. Kalaupun ada unsur hijaunya, maka dapat dipastikan ia hanya sebagai pemanis saja dan bukan warna dominannya.

>> Klik laman selanjutnya

4 dari 6 halaman

Putih

Putih

Warna khas selanjutnya yang melekat pada pabrikan truk adalah putih. Warna ini telah melekat cukup kuat pada pabrikan otomotif asal Jepang, Isuzu.

Mengandalkan Elf dan Giga yang dilego dengan kepala berwarna putih, Isuzu nyatanya sukses mendongrak perolehan market share pada 2014.

Berbeda dengan Mitsubishi dan Hino, warna putih sebagai ciri khas Isuzu nampaknya tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Di negara asalnya, Isuzu juga identik dengan warna putih. Di Jepang, warna ini melambangkan kesucian dan kebersihan. Putih juga dianggap sebagai warna yang diberkati.

>> Klik laman selanjutnya

5 dari 6 halaman

Merah

Merah

Warna lain yang menjadi ciri khas truk adalah merah. Dalam hal ini, merah identik dengan truk keluaran Toyota. Salah satunya Dyna.

Tahun lalu, model ini berkontribusi sebesar 2,24 persen dari keseluruhan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK).

Fenomena Toyota yang identik dengan merah ini juga khas Indonesia. Di negara asalnya Jepang, ia justru dominan dengan warna putih sebagai lambang berkah.

6 dari 6 halaman

Oranye

Oranye

Warna terakhir yang menjadi ciri khas truk legendaris di Indonesia adalah oranye. Warna ini identik dengan kendaraan niaga besutan Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), Fuso.

Ya, Mitsubishi Fuso adalah varian truk spesialis angkut besar. Pada pekan kedua tahun 2015, PT Kramayudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengatakan bahwa model Fuso berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 47 persen.

Warna oranye sebagai ciri khas Fuso nampaknya hanya ada di Indonesia. Di negara asalnya, Jepang, Fuso tidak memiliki ciri khas warna. Di sana Fuso didominasi oleh warna putih, meskipun ada beberapa warna lain seperti hitam, biru hingga silver.

(rio/gst)

Loading
Artikel Selanjutnya
Kartu Penyandang Disabilitas Pemprov DKI Jakarta Sudah Menjangkau 7.137 Peserta
Artikel Selanjutnya
Dukung Warga DKI Kuliah, Pemprov DKI Sukses Salurkan 12 Ribu Lebih Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul