Sukses

Hatchback Terkencang Ford Bakal Rilis di 2016

Melalui Focus RS, Ford ingin bersaing dengan hatchback yang diproduksi pabrikan Eropa.

Liputan6.com, Michigan - Kabar baik bagi para pecinta Ford di dunia, pabrikan resmi mengonfirmasi jika mereka akan merilis Focus RS. Hatchback ini akan menjadi salah satu dari 12 model kendaraan berjenis sport yang akang dipasarkan secara global.

Melansir laman Topgear, Minggu (14/12/2014), pabrikan yang bermarkas di Michigan ini mempercayakan pada tim Ford Performance untuk menggarap 12 model sport-nya. Model sport ini akan terus dibangun hingga tahun 2020 mendatang.

"Lini model hot hatch (hatchback sport) untuk pertama kalinya akan ditujukan pada pelanggan di seluruh dunia," tegas Raj Nair, Wakil Presiden Pengembangan Produk Global Ford Grup.

Ford Focus RS yang dirilis ini menjadi generasi kedua sejak diperkenalkan pertama kali di tahun 2009. Di balik kapnya, generasi pertama hatchback ini sebelumnya mengusung mesin lima silinder berkapasitas 2,5 liter turbocharged dengan output sebesar 300 horse power (HP).

Pada generasi keduanya, Ford membekali Focus RS dengan mesin yang kapasitasnya lebih kecil namun lebih bertenaga. Focus RS kali ini mengusung mesin empat silinder berkapasitas 2,3 liter EcoBoost turbocharged yang sanggup menyemburkan tenaga sebesar 350 HP.

Mesin milik Focus RS generasi kedua ini serupa dengan yang digunakan pada Mustang namun berbeda pada output tenaga yang dihasilkan. Menurut laporan, Ford akan mulai memasarkan Focus RS pada tahun 2016 mendatang.

Dikatakan, melalui varian RS, Ford ingin menjadi penantang serius hatchback asal Eropa antara lain Mercedes Benz A45 AMG serta Audi RS3. Kedua hot hatch Benua Biru ini memiliki output tenaga di kisaran 360 HP.

"Mobil ini harus memperikan performa yang luar biasa tanpa kompromi saat digunakan sehari-hari ataupun bila diperlukan di dalam trek," tandas Nair. (Ysp/Gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.