Sukses

[VIDEO] Kanker Tak Memadamkan Semangat Hidup Jerry Lolowang

Kembali menderita kanker tak mematahkan semangat bintang bola basket nasional. Simak perjuangan Jerry Lolowang.

Klub Satya Satya Wacana LBC Angsapura Salatiga (sekarang Satya Wacana Metro LBC Bandung), termasuk klub bola basket utama di Tanah Air. Satu di antara pebasket yang bersinar di klub ini adalah Jerry Lolowang, yang sempat meraih gelar pemain terbaik Kobatama dan turut memperkuat tim bola basket Jawa Tengah dalam Pekan Olahraga Nasional.

Sejak remaja, lelaki bernama lengkap Jerry Natanael EB Lolowangerry ini tak sepi dari prestasi. Dalam olahraga, juga sebagai manusia. Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Rabu (5/2/2014), saat usia 13 tahun, Jerry telah jadi survivor kanker. Ini setelah dirinya sembuh dari tumor kaki.

Setelah namanya dikenal, Jerry yang kelahiran Solo, 17 Desember 1986, kerap meluangkan waktu memberi semangat pada anak-anak penderita kanker. Pada 2012, Jerry dipercaya jadi Duta Kanker Anak Surakarta.

Tanpa diduga, pertengahan 2013, baru beberapa bulan menyandang Duta Kanker, Jerry sendiri didiagnosis menderita kanker testis Stadium II B. Jerry pun sempat goyah. "Ya Tuhan, kalau [saya] mau mati, mati saja," ujar Jerry, menceritakan kegoyahan dirinya saat itu.

Kanker Jerry telah menyebar ke kelenjar getah bening. Kegundahan Jerry terasa oleh seluruh anggota keluarga. Sang bunda, Lucky Wenas, sempat berpikiran buruk. "Jangan-jangan dia bunuh diri," ucap ibunda Jerry Lolowang.

Perlahan, berkat semangat pantang menyerah, Jerry bangkit. Walau tak lagi bisa bermain bola basket seperti semula, Jerry mendapat banyak wawasan baru. Termasuk dari dokter Eny, pembina relawan Childhood Cancer Care.

Jerry mendapat pencerahan baru. "Anak-anak (bocah penderita kanker) bisa, masa saya menyerah," kata Jerry.

Keluarga kini melihat hidup Jerry jadi lebih terarah. Franky Lolowang, sang ayah, pun senang melihat semangat hidup anaknya kembali berkobar. Teman-teman justru berharap, pria berusia 26 tahun itu mampu kembali aktif sebagai atlet.

Yang jelas, Jerry berjanji tak akan berhenti berjuang. "Kehidupan itu sangat pantas disyukuri," pungkas pria tegar itu. (Ans/Ein)

Baca juga:

[VIDEO] Bocah-bocah SD Cibalong Masih Bertaruh Nyawa
[VIDEO] Kesuksesan Pandai Besi Buta, Slamet Riyanto
[VIDEO] Limin Buntung, Bintang Seni Topeng Betawi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.