Sukses

Rumah Bekas Bung Karno di Yogyakarta Dijual Rp 29,4 M

Rumah tersebut pernah jadi bagian sejarah Indonesia, yaitu sebagai Istana Presiden Darurat.

Sebuah rumah nuansa klasik, berpagar tanaman hidup, bekas milik Presiden Pertama Indonesia Soekarno, dijual. Rumah seharga Rp 29.491.000.000 itu ditawarkan dalam situs jual-beli online.

Rumah yang terletak di Jalan Patang Puluhan, Yogyakarta, itu dijual oleh pemilik akun yuskalvin. Ia mengaku memiliki Sertifikat Hak Milik. Bahkan, dalam keterangan penjualan jelas tertulis rumah tersebut pernah jadi bagian sejarah Indonesia, yaitu sebagai Istana Presiden Darurat.

"Dijual rumah dan tanah bersejarah Bung Karno, luas tanah 4213 meter, lebar depan 70 meter, luas bangunan kurang lebih 500 meter, SHM, sejarahnya rumah tersebut pernah dijadikan Istana Presiden Darurat Sukarno sewaktu Agresi Militer Belanda di Yogyakarta antara tahun 1947-1948."

Kemudian, dikonfirmasi kepada pemilik akun tersebut, dia membenarkan bahwa rumah tersebut dijual, nego. "Iya dijual, nego, itu masih bisa kurang kok," kata akun yuskalvin, ketika dihubungi di Jakarta, Selasa (16/5/2013). (Ary/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.