Sukses

Sambut Ramadan, Baznas Siapkan Berbagai Program Mulai Zakat Fitrah hingga Posko Siaga Mudik

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) akan menyiapkan 22 program untuk menyambut bulan Ramadan 1445 H atau 2024 Masehi.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) akan menyiapkan 22 program untuk menyambut bulan Ramadan 1445 H atau 2024 Masehi.

Program Ramadan yang diusung Baznas nantinya akan menyasar ke-34 provinsi dan 514 kabupaten/kota dengan target 1,174 juta penerima di seluruh Indonesia.

"Untuk Ramadan tahun ini kami telah menyiapkan 22 program yang tentunya akan memberikan manfaat untuk umat," ujar Ketua Baznas RI Noor Achmad dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Dia memaparkan, ada pun ke-22 program yang dimaksud di antaranya adalah Paket Ramadan Bahagia, Zakat Fitrah, Ekspedisi Ramadan Penuh Inspirasi, dan Pendidikan Kesehatan di Pesantren Seluruh Indonesia.

Lalu ada pula Bincang Sehat selama Ramadan, Pos Siaga Mudik, Layanan Kesehatan Posko Mudik, Bedah Musala, Hidangan Berkah Ramadan, dan Rumah Layak Huni Baznas. Noor mengatakan, program-program tersebut ditujukan untuk para mustahik atau penerima zakat.

"Program-program di atas akan menyasar kepada mustahik di seluruh Indonesia. Sehingga dengan adanya program-program ini, Baznas tidak hanya berfokus pada penghimpunan, tetapi juga menciptakan pendistribusian zakat yang berkualitas di seluruh Indonesia," kata Noor.

Sementara itu, Pimpinan Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas RI Saidah Sakwan menambahkan, anggaran untuk melaksanakan program tersebut sebesar Rp31 Miliar.

"Dengan adanya program-program yang dihadirkan Baznas diharapkan dapat membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan mensejahterakan umat," harap Saidah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Baznas Ungkap Target Pengumpulan dan Pendistribusian Zakat Ramadhan 2024

Sebelumnya, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengungkapkan target pengumpulan dan pendistribusian zakat untuk Bulan Ramadhan tahun 2024 Masehi/1445 Hijriah.

Pimpinan Bidang Pengumpulan Baznas RI, Rizaludin Kurniawan menjelaskan, target pengumpulan zakat Baznas pada bulan Ramadhan 1445 H, yakni sebesar Rp430 Miliar, sementara untuk di tahun 2024 sebesar Rp41 Triliun.

Hal itu diungkap Rizal dalam sesi konferensi pers Program pengumpulan dan pendistribusian Baznas untuk Bulan Ramadhan 1445 H yang bertajuk "Tentramnya Muzaki Bahagianya Mustahik" di Kantor Pusat Baznas, Jakarta, pada Jumat (8/3/2024)

Rizal mengatakan, untuk mencapai target tersebut pihaknya akan menyebar pelayanan zakat di 43 titik mal di sekitar Jabodetabek. Selain itu, Baznas akan melakukan kampanye literasi terkait zakat kepada masyarakat melalui teknologi Artificial Intelligence (AI).

"Kampanye media tahun ini (2024) lebih digital dan menggunakan artificial intelligence untuk produksinya. Dan kami juga akan membuat kampanye zakat dalam bentuk hologram," kata Rizal.

3 dari 3 halaman

Distribusi Bantuan ke Palestina

Di sisi lain, Baznas juga berencana untuk melakukan program ifthar di Gaza. Nantinya, baznas bekerja sama dengan Egyptian Red Crescent (ERC) untuk membuka dapur umum di perbatasan Rafah, jelas Saidah.

Rencananya, dapur umum ini akan menyediakan 30.000 pack makanan panas kepada masyarakat Gaza dan akan melayani selama 30 hari.

"Jadi makanan ini akan di-packing, dimasak di Rafah kemudian akan dibawa ke Gaza," Jelas Saidah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.