Sukses

SBY Tak Akan Hadiri Pelantikan AHY Menjadi Menteri ATR/BPN di Istana

Namun begitu, kata Ossy, SBY telah memberikan restu kepada AHY dalam menjalankan tugas negara ke depan sebagai Menteri ATR/BPN.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak akan menghadiri pelantikan putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional atau Menteri ATR/BPN di Istana Negara, Jakarta.

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Ossy Dermawan mengatakan, SBY tak dapat hadir lantaran baru saja melakukan perjalanan dari Jawa Timur dan Jawa Tengah.

"Bapak SBY sendiri tidak hadir dalam pelantikan hari ini karena baru saja tiba di Cikeas dari perjalanan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur," jelas Ossy kepada wartawan, Rabu (21/2/2024).

Namun begitu, kata Ossy, SBY telah memberikan restu kepada AHY dalam menjalankan tugas negara ke depan.

"Tadi malam, AHY sudah bertemu Bapak SBY yang baru tiba di Cikeas, untuk memohon doa restu dalam tugas yang baru sebagai Menteri ATR/BPN," kata Ossy.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju, Rabu (21/2/2024). Jokowi akan melantik Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Pelantikan akan dilakukan di Istana Negara Jakarta, pukul 11.00 WIB. Mantan Panglima TNI itu menggantikan posisi Mahfud Md yang mengundurkan diri sebagai Menko Polhukam pada awal Februari lalu.

"Iya (Hadi dilantik Menko Polhukam)," kata salah satu sumber di lingkungan pemerintahan, Rabu (21/2/2024).

Saat ini, Hadi menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Posisi Hadi sebagai Menteri ATR/Kepala BPN akan diisi oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Hal ini juga dibenarkan oleh sumber Liputan6.com di lingkungan pemerintahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelantikan Menko Polhukam

Sementara itu, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana membenarkan adanya pelantikan Menko Polhukam dan Menteri ATR di Istana Negara pada Rabu besok.

Namun, Ari enggan membeberkan siapa menteri-menteri yang akan dilantik.

"Rabu besok, 21 Februari 2024, pukul 11.00 WIB, diagendakan pelantikan Menko Polhukam dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN oleh Presiden di Istana Negara," jelas Ari kepada wartawan.

"Mengenai siapa yang akan diangkat dan dilantik oleh Bapak Presiden untuk mengisi dua posisi itu, kita tunggu besok ya," sambung dia.

Seperti diketahui, posisi Menko Polhukam saat ini kosong usai Mahfud Md mengundurkan diri beberapa minggu lalu. Sementara itu, Hadi Tjahjanto saat ini menjabat sebagai Menteri ATR.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.