Sukses

Kepala BKKBN: Pers Bisa Jadi Penyuluh Edukasi Kesehatan Masyarakat

Dalam rangka Hari Pers Nasional yang diperingati setiap 9 Februari, BKKBN bekerjasama dengan Paguyuban Wartawan Kulon Progo mengadakan kegiatan Bakti Sosial dan Pengobatan Gratis.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka Hari Pers Nasional yang diperingati setiap 9 Februari, BKKBN bekerjasama dengan Paguyuban Wartawan Kulon Progo mengadakan kegiatan Bakti Sosial dan Pengobatan Gratis.

Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang Promosi dan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dan Pencegahan Stunting.

Kegiatan ini berlangsung di Joglo Sasana Puspita Budaya, Desa Banjaran, Hargomulyo, Kabupaten Kulon Progo (DI Yogyakarta), Jumat (2/2/2024).

Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo, di sela kegiatan pemeriksaan kesehatan warga di acara tersebut mengatakan bahwa pers bisa menjadi penyuluh yang mengedukasi masyarakat.

“Hari Pers mestinya bisa menjadi hari untuk mengedukasi masyarakat. Karena peran pers juga salah satunya adalah edukasi informasi. Mengedukasi tentang kesehatan, memberikan informasi tentang kondisi tubuhnya. Banyak orang yang merasa sehat ternyata setelah diperiksa ada masalah,” ujar Hasto dalam keterangannya.

Selanjutnya, kata Hasto, bila tidak ada baksos biasanya masyarakat datang memeriksakan diri di fasilitas kesehatan ketika sudah merasa tidak sehat.

"Harusnya dengan baksos ini (masyarakat yang sakit) bisa teridentifikasi lebih cepat," tutur dokter Hasto.

Ia pun menunjukkan hasil. “Tadi saya nunggu yang baru periksa saja, baru saya nunggu ada satu sudah ketahuan bahwa ternyata Hb-nya cuma 8,9. Artinya, dia anemia. Setelah saya tanya, anaknya kembar. Dia kalau enggak KB, hamil lagi, anaknya pasti stunting,” tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Media Massa Punya Peran Strategis

Hasto mengatakan, media massa mempunyai peran yang strategis, tidak hanya untuk masyarakat namun juga menggerakkan mitra untuk berkontribusi.

Ia pun menekankan pentingnya berinovasi dan berkreativitas pada makanan untuk anak-anak, karena menjadi kunci dalam pemenuhan gizi seimbang mereka.

“Penyajian makanan yang disukai oleh anak-anak itu penting sekali. Termasuk kemasan yang disukai anak-anak. Itu kunci kalau menurut saya."

Sementara itu, Ketua Paguyuban Wartawan Kulon Progo, Asrul Sani, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan baksos ini merupakan satu rangkaian dengan acara peringatan Hari Pers Nasional 2024, yang puncak acara akan diselenggarakan Rabu (07/02/2024), di SMAN 1, Wates. Sebagai pembicara Pj Bupati dan Kapitel DIY, serta pembicara dari KPU.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini