Sukses

Infografis Dasi Kuning Jokowi dan Akui Nyaman dengan Golkar, Tangkapan Kode dan Cerita di Baliknya

Dasi kuning yang dipakai Presiden Joko Widodo atau Jokowi jadi sorotan. Mengundang pertanyaan apakah ada makna atau kode di balik dasi kuning.

Liputan6.com, Jakarta - Dasi kuning yang dipakai Presiden Joko Widodo atau Jokowi jadi sorotan. Mengundang pertanyaan apakah ada makna atau kode di balik dasi kuning.

Kala itu, Jokowi hendak bertolak ke Tokyo, Jepang dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta pada, Sabtu 16 Desember 2023. Dia memadukan dasi kuning dengan kemeja putih, jas serta celana panjang bewarna biru gelap.

Saat ditanya perihal makna di balik dasi berwarna kuning yang dipakainya, Jokowi tersenyum. Sambil memegang dasi kuning, dia memberikan jawaban singkat dan mengambang.

Sedangkan Ketua DPD Golkar Maluku Utara Alien Mus menilai dasi kuning Jokowi merupakan kode dukungan untuk Partai Golkar. Sebab warna kuning melekat dan menjadi identitas dari Partai Golkar. Jokowi dianggap memberikan pesan warna saat momen kampanye pemilu sedang berlangsung.

"Kode atau blessing untuk mendukung kemenangan Partai Golkar," ucap Alien Mus.

Politikus Partai Golkar Ravindra Airlangga berpendapat senada. Bagi Golkar yang merupakan partai kuning, dasi kuning Jokowi menjadi kode nyaman dengan Golkar.

Namun Anggawira punya pendapat berbeda. Wakil Komandan Tim Fanta Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran untuk Pilpres 2024 ini justru menilai dasi kuning Jokowi tidak ada hubungannya dengan partai apa pun.

Meski demikian Anggawira menilai wajar jika muncul pendapat yang menghubung-hubungkan dasi kuning Jokowi sebagai kode akan bergabung dengan Partai Golkar. Terlebih hubungan Jokowi dengan PDIP dikabarkan sempat merenggang beberapa waktu lalu.

Seperti apa dasi kuning Jokowi dan apa komentar-komentarnya tentang makna dan keterkaitan dengan Golkar? Bagaimana tangkapan kode dan cerita di balik dasi kuning Jokowi? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Dasi Kuning Jokowi dan Akui Nyaman dengan Golkar

3 dari 3 halaman

Infografis Tangkapan Kode dan Cerita di Balik Dasi Kuning Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.