Sukses

Jadi Ketua Dewan Penasihat Bappilu, Idrus Marham Diyakini Mampu Bawa Kemenangan untuk Golkar

Politisi senior Partai Golkar Idrus Marham terpilih menjadi Ketua Dewan Penasihat Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Golkar.

Liputan6.com, Jakarta - Politisi senior Partai Golkar Idrus Marham terpilih menjadi Ketua Dewan Penasihat Badan Pemenangan Pemilu atau Bappilu Golkar.

Sosok Idrus diyakini mampu membawa kemenangan bagi partai berlambang pohon beringin itu di Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

"Kehadiran Bung Idrus semakin menambah kekuatan Partai Golkar untuk memenangkan Pileg," ujar Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (Waketum DPP) Partai Golkar Nurdin Halid melalui keterangan tertulis, Sabtu (21/10/2023).

Keyakinan yang sama disampaikan oleh Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Emanuel Melkiades Laka Lena. Sebab menurutnya, Idrus Marham memiliki segudang pengalaman.

Melki meyakini, berbagai pengalaman yang dimiliki Idrus tidak hanya membawa kemenangan Golkar di Pileg, dan Pilpres, melainkan juga Pilkada.

"Pengalaman Bang Idrus niscaya membantu pemenangan Golkar baik dalam Pileg, Pilpres dan Pilkada di tahun 2024," ujar Melki yang juga Wakil Ketua Komisi IX DPR RI ini.

Jajaran Bappilu Partai Golkar dipilih belum lama ini. Ketua Bappilu Partai Golkar sekarang dijabat Maman Abdurahman.

Idrus pernah menjabat beberapa posisi strategis di Partai Golkar. Salah satunya beberapa kali terpilih sebagai Sekretaris Jenderal Partai Golkar.

Selain dipilih sebagai Ketua Dewan Pembina Bappilu Partai Golkar, Idrus juga diberi tugas khusus pada gelaran Pilpres 2024. Idrus juga diminta menjadi penasihat Cawapres yang diusung Golkar.

Sebelumnya, Partai Golkar telah mengusulkan Bakal Calon Wakil Presiden yang akan mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024, yaitu Gibran Rakabuming Raka.

"Mengusulkan dan mendukung Mas Gibran Rakabuming Raka untuk kita pasangakan dengan Pak Prabowo sebagai calon wakil presiden RI," kata Airlangga Hartarto di Rapimnas II Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Usul Gibran Jadi Cawapres, Golkar Minta Prabowo Bahas dengan Ketum Parpol Koalisi

Airlangga pun meminta Prabowo untuk membawa usulan ini dalam pertemuan ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Hal ini disampaikan Airlangga dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas) Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta Barat, Sabtu (21/10/2023). Rapimnas ini juga dihadiri oleh bakal calon presiden (bacapres) dari KIM, Prabowo Subianto.

"Bismillah maka saya ketok usulan Partai Golkar yang saya akan serahkan kepada Bapak Prabowo dan ini untuk dibawa Pak Prabowo dalam pertemuan forum ketum partai," jelas Airlangga dalam Rapimnas Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Dalam Rapimnas ini, Partai Golkar juga resmi mendukung Prabowo Subianto sebagai bacapres. Airlangga lalu meminta persetujuan kepada DPD RI Partai Golkar se-Indonesia, petinggi dan kader Partai Golkar.

"Apakah setuju? SETUJU. Aceh setuju? Papua setuju? Sulawesi setuju? NTT setuju? Jabar setuju? Banten? Jateng? Jatim? Bali, NTT NTB Kalimantan? Pak Prabowo, semua setuju," tutur Airlangga yang dilanjutkan dengan pemukulan palu.

Menurut dia, keputusan mendukung Gibran sebagai bacawapres pendamping Prabowo dibahas cukup lama bersama Ketua DPD Partai Golkar se-Indonesia. Airlangga juga memastikan keputusan mendukung sosok dibawah usia 40 tahun kebawah sebagai bacawapres disetujui oleh para Ketua DPD.

"Ada satu yang harus kami tanya juga, under 40? Setuju!," ucap Airlangga.

 

3 dari 4 halaman

Dukung Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Airlangga Sebut Golkar Jadi Partai Paling Banyak Lahirkan Pemimpin Muda

Dalam pidatonya, Airlangga juga mengatakan, Golkar merupakan partai yang paling banyak melahirkan pemimpin muda di bawah usia 40 tahun. Menurut Airlangga, saa ini ada sekitar 20 kader Partai Golkar yang terpilih menjadi kepala daerah.

"Jumlah bupati, kepala daerah dari Partai Golkar yang usianya di bawah 40 (tahun) itu ada 20. Ini sudah kami lihat bahwa lebih banyak dari pada partai-partai yang lain," kata Airlangga.

Dalam kesempatan itu, Airlangga juga menyapa kadera Partai Golkar di bawah usia 40 tahun yang terpilih menjadi kepala daerah. Mereka adalah Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky dan Bupati Bintan Roby Kurniawan.

Airlangga juga menyapa sejumlah kader Golkar di bawah 40 tahun yang terpilih menjadi anggota DPR RI, di antaranya Dyah Roro Esti Widya Putri dan Puteri Anetta Komarudin.

"Walaupun Partai Golkar berusia 59 tahun tapi kaderisasi terus berjalan," ucap Airlangga.

 

4 dari 4 halaman

Sodorkan Gibran Jadi Cawapres, Prabowo: Golkar Punya Jiwa yang Besar

Bakal calon presiden Prabowo Subianto mengapresiasi sikap Partai Golkar dan Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto yang mengajukan Wali Koita Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden.

Padahal, menurut Prabowo, Golkar memiliki banyak tokoh yang mumpuni menjadi capres dan cawapres. Sementara Gibran sendiri saat ini masih menjadi kader PDIP.

"Demi kepentingan yang besar, demi kepentingan rakyat, stabilitas dan kesinambungan beliau dan Golkar hari ini menunjukan jiwa besarnya," kata Prabowo di DPP Partai Golkar, Sabtu (21/10/2023).

Menurut Prabowo, sikap Golkar ini tidak memikirkan golongan, ego dan hanya berfikir untuk kepentingan bangsa Indonesia.

"Dari lubuk hati saya, saya hormat dengan Partai Golkar," ujarnya.

Selain Airlangga Hartarto, Prabowo juga menyinggung sikap Ridwan Kamil yang juga berjiwa besar tak dicalonkan sebagai wakil presiden.

"Ridwan kamil salah satu capres dan cawapres sangat disegani dan takuti saat ini, tapi beliau berjiwa besar. Saya berbesar hati siap berjuang bersama Golkar," jelas Prabowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.