Sukses

Bareng Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid, Mendikbud Nadiem Makarim Kunjungi Museum Nasional Usai Kebakaran

Mendikbud Nadiem Makarim mendatangi Museum Nasional yang mengalami kebakaran Sabtu (16/9/2023) malam. Nadiem mengatakan, pihaknya akan membentuk tim gabungan usai kebakaran yang melanda museum.

Liputan6.com, Jakarta - Mendikbud Nadiem Makarim mendatangi Museum Nasional yang mengalami kebakaran Sabtu (16/9/2023) malam. Nadiem mengatakan, pihaknya akan membentuk tim gabungan usai kebakaran yang melanda museum.

Nadiem berada di Museum Nasional bersama Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid. Nadiem memberikan apresiasi kepada pihak kepolisian dan pemadam kebakaran yang cepat menangani kebakaran Museum Nasional.

Menurutnya, usai padamnya api dan proses pendinginan di lokasi kebakaran, pihaknya saat ini fokus pada penyelamatan barang-barang bersejarah.

"Prioritas utama kita sekarang adalah menyelamatkan barang-barang bersejarah yang terdampak di kebakaran ini," kata Nadiem di lokasi halaman Museum Nasional, Minggu (17/9/2023) dini hari.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya akan membuat tim gabungan yang berasal dari pakar museum dan bekerjasama dengan kepolisian dan pemadam kebakaran.

Adapun Polres Metro Jakarta Pusat mengerahkan 80 personel untuk mengamankan Museum Nasional atau dikenal Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat usai kebakaran pada Sabtu (16/9/2023) malam.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin menerangkan, pengamanan ini dilakukan untuk menjaga barang-barang bersejarah yang masih bisa diselamatkan pasca-terjadinya kebakaran

"Kita siapkan satu SSK (Satuan Setingkat Kompi) sekitar 80 personel, itu pengamanan biasa saja," kata dia Sabtu (16/9/2023).

Komarudin menerangkan, personel ditempatkan di bagian depan maupun belakang Gedung A Prasejarah Museum Nasional yang terbakar. Hal ini mengingat di Gedung A banyak sekali tersimpan barang-barang berharga dan bernilai sejarah tinggi.

"Ini untuk menghidari hal yang tidak diinginkan. Oleh karenanya kita akan lakukan penutupan sementara sampai dengan nanti dinyatakan oleh pengelola bahwa itu sudah dinyatakan terbuka kembali," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kronologi

Sebelumnya, api melalap Gedung A Museum Nasional atau dikenal Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada Sabtu malam. Informasi kebakaran diterima oleh Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat pada pukul 20.00 WIB.

"Objek : Gedung Blok A (Ruang Pamer Koleksi museum). Jenis Bangunan : semi permanen," kata Kasudin Gulkarmat Jakarta Pusat Asril Rizal dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Asril menerangkan, pihaknya menerjunkan 14 unit mobil pemadam dan 56 personil ke lokasi. Situasi terkini, api sudah berhasil dilokalisir.

"Status kebakaran kuning (proses pendinginan) pada pukul 21.47 WIB," ujar dia.

Belum diketahui berapa jumlah kerugian akibat kebakaran ini. Dia hanya menyampaika luas area yang terdampak.

"Luas area 20x20 m," ujar dia.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.