Sukses

Perjuangkan Kemandirian UMKM, Sandiaga Uno Beri Beasiswa Wirausaha

Sandiaga Uno berharap, Komisi X DPR sebagai mitra dari Kemenparekraf bisa menangkap aspirasi dan menuangkannya dalam bentuk pengawasan serta alokasi anggaran untuk UMKM di masa depan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan beasiswa kepada para wirausaha. Menurut Sandiaga beasiswa wirausaha ini dapat menjadi bekal bagi para pelaku UMKM agar lebih mandiri.

"Kita melihat antusiasme para UMKM yang didominasi oleh emak-emak, ini menunjukan semangat dari UMKM ekonomi kreatif bangkit," kata Sandiaga dari siaran pers diterima, seperti dikutip Sabtu (15/9/2023).

Dia meyakini, untuk mendukung kemajuan UMKM maka membutuhkan peran lebih dari pemerintah. Salah satunya ada masalah pemasaran, kemasan, ongkos kirim, dan promosi, maupun peningkatan penggunaan layanan digital seperti aplikasi. 

“Semua akan kita tindak lanjuti bersama," lanjut Sandiaga. 

Sandiaga Uno berharap, Komisi X DPR sebagai mitra dari Kemenparekraf bisa menangkap aspirasi dan menuangkannya dalam bentuk pengawasan serta alokasi anggaran untuk UMKM di masa depan.

"Ini bagian dari tugas kita, sesuai arahan Pak Presiden Jokowi untuk berada di tengah-tengah masyarakat dan menciptakan 4,4 juta lapangan pekerjaan baru pada tahun 2024," ucapnya. 

“Ini merupakan contoh nyata dari upaya pemerintah dalam mendorong kebangkitan ekonomi UMKM, yang pada gilirannya akan berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan di Sragen,” kata Sandiaga menambahkan.

Sandiaga Uno pun berterima kasih kepada para pihak pendukung, salah satunya Agustina Wilujeng Pramestuti selaku Anggota DPR-RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Wakil Ketua Komisi X) yang hadir langsung dalam acara 'Netas' Nemuin Komunitas. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kejar Target 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru

Sandiaga percaya, dengan mengajak dan memfasilitasi para wirausaha di Tanah Air maka keuntungan bagi wirausaha bisa meningkat. Apalagi saat ikut pelatihan ada beasiswa, ilmu pengetahuan di era digitalisasi makin terasah. 

“Mudah-mudahan pemenang beasiswa bisa ditingkatkan sehingga bisa naik kelas dan berdaya saing," Sandiaga menandasi

Diketahui, langkah Sandiaga dilakukan dalam upaya mencapai target 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2024.

Dia mengarahkan para wirausaha untuk terus berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi. Sebagai informasi, sebanyak 55 komunitas yang hadir ada diantaranya yaitu Genpi, Gemawira, IPDA, SEEKER Revolution, Kubis, dan yang lainnya.

Sebagai informasi, hadiah beasiswa wirausaha yang diberikan Sandiaga kepada peserta bertujuan mengembangkan usaha, meningkatkan kualitas produk dan layanan, serta menciptakan lapangan kerja baru di daerah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.