Sukses

Nilai-nilai AKHLAK Erick Thohir Dianggap Berhasil Mentransformasi BUMN

AKHLAK sendiri adalah nilai-nilai yang ditanamkan Erick Thohir untuk mentransformasi Sumber Daya Manusia (SDM) BUMN. AKHLAK merupakan singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sukses besar dalam mentransformasikan perusahaan – perusahaan pelat merah menjadi lebih maju. Salah satu penyebabnya tak lain karena Erick Thohir berhasil memperbaiki sistem internal BUMN dengan menanamkan nilai-nilai AKHLAK.

“Beliau banyak membangun program-program menarik dan inovatif yang mengarah kepada kebaruan positif untuk BUMN seperti program AKHLAK,” kata Direktur Riset Lembaga Survei Jakarta, Fetra Ardianto, dikutip Senin (11/9/2023),

AKHLAK sendiri adalah nilai-nilai yang ditanamkan Erick Thohir untuk mentransformasi Sumber Daya Manusia (SDM) BUMN. AKHLAK merupakan singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif.

Berkat nilai AKHLAK tersebut mindset pegawai BUMN menjadi lebih maju. Dengan begitu kinerja pegawai BUMN menjadi lebih optimal dan maksimal.

Dampaknya pun terlihat dari berhasilnya Kementerian BUMN meraup laba terbesar sepanjang sejarah dengan angka sebesar Rp303 triliun pada tahun 2022. Begitu pula dengan dividen Kementerian BUMN yang diserahkan kepada negara mencapai angka Rp80 triliun yang merupakan tertinggi sepanjang masa.

Selain memperbaiki SDM BUMN, Erick Thohir juga turut membongkar korupsi internal perusahaan pelat merah. Ia berhasil menyelesaikan kasus Jiwasraya, Asabri, Garuda Indonesia, Waskita Beton Precast dan Pelindo.

“(Erick Thohir inisiasi) program AKHLAK serta pemberantasan korupsi dalam lingkup BUMN,” tutup Fetra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Erick Thohir Ajarkan AKHLAK ke Masyarakat

Menteri BUMN Erick Thohir mendorong para pegawai BUMN untuk selalu mengimplementasikan AKHLAK, tidak hanya di lingkungan kantor, namun juga di lingkungan masyarakat seperti melalui Program Relawan Bakti BUMN.

Pesan itu disampaikannya kepada 20 Relawan Bakti BUMN mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78, di Desa Penglipuran, Kabupaten Bangli, Bali, Kamis (17/8/2023).

Mereka merupakan perwakilan dari 10 BUMN dan 10 relawan Employee Social Responsibility (ESR) Pelindo yang diterjunkan untuk melakukan pendampingan kepada warga desa selama tiga hari, yakni sejak Selasa hingga Kamis (15-17/8/2023).

"Sehingga Bakti BUMN dapat dirasakan masyarakat. Tidak hanya melalui BUMN sebagai korporasi, namun juga dalam kontribusi langsung di masyarakat," ujar Erick Thohir.

Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi, Tedi Bharata menambahkan, Bakti BUMN juga dapat memberikan dampak baik kepada perusahaan, berupa peningkatan engagement karyawan kepada perusahaan. Sekaligus bentuk employer branding bagi perusahaan.

"Para relawan diharapkan terus membawa semangat kontribusi untuk masyarakat, baik saat pelaksanaan Program Relawan Bakti BUMN hingga nanti kembali ke perusahaan masing-masing. Mereka juga perlu menularkan semangat tersebut ke rekan-rekan Insan BUMN yang lain," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini