Sukses

AHY Antar Anies Berangkat Haji ke Tanah Suci

Bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Perubahan dan Perbaikan Anies Baswedan hari ini, Kamis (22/6/2023), terbang ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji.

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon presiden (bacapres) Koalisi Perubahan dan Perbaikan Anies Baswedan hari ini, Kamis (22/6/2023), terbang ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji.

Anies akan diantarkan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, pukul 17.00 WIB.

"Sore ini, Ketua Umum Partai Demokrat, AHY, mengantarkan Anies Baswedan yang akan menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci," ujar Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra, kepada wartawan.

"Rencananya AHY akan hadir di Bandara Soekarno-Hatta, sekitar pukul 17.00 WIB," kata Herzaky.

Anies Berangkat Haji Jangan Dikaitkan dengan Politik

Partai NasDem sebelumnya menyatakan enggan mengaitkan keberangkatan Anies Baswedan ke Tanah Suci karena suatu hal yang politik. Menurut Ketua DPP Partai NasDem Taufik Basari, kepergian Anies murni untuk menunaikan rukun Islam yang kelima.

Pernyataan Taufik ini menjawab terkait pernyataan dari Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution yang merasa keberangkatan Anies ke Makkah lantaran adanya tekanan terhadap internal partai di Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

"Kalau saya tidak ingin mengaitkan ibadah haji itu dengan suatu hal yang politis ya. Pak Anies jelas berangkat haji ini dalam rangka ibadah, beliau akan menjalankan ibadah dengan baik di sana," kata Taufik di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, dikutip Selasa (20/6/2023).

Taufik hanya mendoakan agar Anies dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar dan bisa kembali ke Tanah Air untuk kemudian melanjutkan kerja-kerja politiknya. Tetapi selama di Makkah, ia yakin Anies akan fokus melaksanakan ibadah.

"Jadi tentunya Beliau sebagai seorang muslim yang baik, yang mencoba menjalankan ibadahnya juga tidak akan berpikir memanfaatkan ini secara politis," kata Taufik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anies Berangkat Haji Dikaitkan dengan Tekanan yang Dialami NasDem

Sebelumnya, Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat Syahrial Nasution mengungkap rencana Anies Baswedan menunaikan ibadah haji ke Makkah, Arab Saudi. Keberangkatan Anies ke Tanah Suci itu disebut Nasution pada 22 Juni 2023.

"Rencananya, tanggal 22 Juni nanti Mas Anies akan berangkat ke Tanah Suci Makkah," kata Syahrial dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Senin (19/6/2023).

Terkait keberangkatan Anies untuk ibadah haji, Syahrial memiliki perasaan tersendiri. Ia merasa ada tekanan yang kini dialami rekan mereka di Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

"Saya kok punya feeling 'tekanan' terhadap kawan kami di Koalisi Perubahan untuk Perubahan (KPP), yakni Partai Nasdem ada kaitannya dengan rencana keberangkatan bacapres Anies Baswedan yang akan menunaikan ibadah haji," ujar Syahrial.

"Saya baca di media, Mentan SYL sudah diultimatum supaya datang diperiksa KPK," kata Syahrial.

Tetapi Syahrial berharap apa yang menjadi feeling-nya tersebut tidak benar.

"Karena nama pasangan bakal capres dan cawapres yang akan diusung KPP tentu akan dibawa Mas Anies menghadap Yang Maha Kuasa ke tanah suci. Apakah karena pihak yang berupaya menjegal KPP mendengar kabar angin kalau Mas Anies bakal mengumumkan cawapresnya sebelum ke Mekkah?" tutur Syahrial.

"Apakah spekulasi saya ini akan terbukti? Kita lihat lah perkembangannya sebelum keberangkatan Mas Anies menunaikan ibadah haji," sambungnya.

Syahrial sekaligus menginformasikan kabar yang ia dapat bahwa Ketua DPP PDIP Puan Maharani juga bakal berangkat ibadah haji pada waktu yang sama dengan Anies.

"Oh, iya. Saya juga mendengar kabar Mbak Puan Maharani akan berangkat haji di tanggal yang sama dengan Mas Anies. Jika benar, semoga Tanah Suci Makkah menjadi tempat pertemuan yang akan menyejukkan hati rakyat Indonesia agar politik menuju 2024 bisa adem dan tentram. Semoga, insyaallah," tutur Syahrial.

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.