Sukses

AirAsia Buka Rute Penerbangan Langsung Jakarta-Kuching, Berikut Tarif dan Jadwalnya

Indonesia AirAsia resmi membuka rute penerbangan baru dari Jakarta (JKT) menuju Kuching (KCH), Sarawak Malaysia, dan sebaliknya Kuching-Jakarta, pada Kamis (15/6/2023).

Liputan6.com, Jakarta Indonesia AirAsia resmi membuka rute penerbangan baru dari Jakarta (JKT) menuju Kuching (KCH), Sarawak Malaysia, dan sebaliknya Kuching-Jakarta, pada Kamis (15/6/2023).

AirAsia menjadi satu-satunya maskapai yang secara perdana membuka direct flight atau penerbangan langsung rute Jakarta-Kuching usai pandemi Covid-19 melanda.

"Kami yakin dengan dukungan dan kerja sama semua pemangku kepentingan, jalur ini dapat menjadi populer dan berkelanjutan," kata Direktur Penerbangan Operasional Indonesia AirAsia Kapten Wuri Septiawan dalam konferensi pers di Kuching International Airport.

Oleh sebab itu, kata Wuri, pembukaan rute ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan juga mempercepat pemulihan sektor pariwisata baik di Indonesia maupun Malaysia.

"Tidak hanya untuk mempercepat pemulihan industri pariwisata, tetapi juga untuk mempererat hubungan dan menjajaki peluang kerja sama," kata dia.

Pada kesempatan ini, hadir Menteri Transportasi Sarawak YB Dato Sri Lee Kim Shin, Wakil Menteri Pariwisata, Industri Kreatif dan Seni Pertunjukan Sarawak Datuk Sebastian Ting Chiew Yew, dan Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kuching, Raden Sigit Witjaksono.

Wuri menyampaikan, saat ini pihaknya memulai penerbangan rute Jakarta-Kuching dengan frekuensi tiga kali seminggu. Ke depan, kata dia peluang untuk memperluas layanan bakal ditinjau ulang berdasarkan banyaknya permintaan penumpang.

"Kami berharap semakin banyak tamu kami yang dapat melakukan perjalanan antara Jakarta dan Kuching dengan mudah dan terjangkau, baik untuk liburan maupun bisnis," ucap Wuri.

Rute baru Jakarta-Kuching yang mulai dioperasikan Indonesia AirAsia ini menandai rute internasional keempat AirAsia yang menghubungkan Sarawak ke Asean, setelah rute AirAsia Malaysia dari Kuching, Miri dan Sibu ke Singapura yang diluncurkan pada 2022 lalu.

Secara total, saat ini Indonesia AirAsia mengoperasikan 23 penerbangan internasional per minggu ke Sarawak dari Singapura dan Jakarta.

Lebih lanjut, Indonesia AirAsia menyediakan tarif promo mulai dari Rp899,000 sekali jalan untuk rute penerbangan Jakarta-Kuching dan RM119 sekali jalan (Kuching-Jakarta). Tarif spesial ini berlaku sejak 15 Juni-18 Juni 2023, untuk jadwal terbang antara hari ini hingga 14 Desember 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadwal Penerbangan AirAsia Rute Jakarta-Kuching dan Sebaliknya

Berikut jadwal penerbangan rute Jakarta (CGK)-Kuching (KCH) dan sebaliknya:

1. Rute: Jakarta-Kuching

Melayani dengan nomor penerbangan QZ530. Waktu keberangkatan, yakni pukul 07.30 WIB dan sampai pada pukul 10.40 waktu setempat dengan frekuensi penerbangan tiga kali seminggu (Selasa, Kamis, Sabtu).

2. Rute: Kuching-Jakarta

Melayani dengan nomor penerbangan QZ531, berangkat pada pukul 11.10 waktu setempat dan sampai pukul 12.20 waktu setempat. Frekuensi penerbangan tiga kali seminggu (Selasa, Kamis, Sabtu).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.