Sukses

KTT ASEAN ke-42 Hasilkan Dukungan Terhadap 16 Capaian Prioritas Ekonomi

16 capaian prioritas ekonomi yang diusung Indonesia tahun ini untuk memperkuat ASEAN sebagai pusat pertumbuhan (epicentrum of growth) didukung penuh oleh seluruh delegasi.

Liputan6.com, Jakarta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 telah usai dan menghasilkan beberapa kesepakatan. Salah satu hasil penting dari konferensi tersebut terdapat pada sektor ekonomi. Pasalnya, 16 capaian prioritas ekonomi yang diusung Indonesia tahun ini untuk memperkuat ASEAN sebagai pusat pertumbuhan (epicentrum of growth) didukung penuh oleh seluruh delegasi.

Tujuh dari 16 capaian prioritas ekonomi tersebut di antaranya berada di bawah kewenangan Menteri Perdagangan RI sebagai Ketua dari ASEAN Economic Ministers (AEM).

“Pada KTT ASEAN kali ini, para kepala negara telah menghasilkan kesepakatan untuk memperkuat perdagangan yang berkelanjutan, meningkatkan perdagangan intra-ASEAN, serta mendorong penguatan rantai pasok kawasan dan investasi," kata Zulkifli Hasan.

"Selain itu, para kepala negara juga telah menyepakati Deklarasi Bersama untuk Pembangunan Ekosistem Kendaraan Listrik serta Deklarasi Bersama untuk Mendorong Konektivitas Pembayaran Regional dan Mempromosikan Transaksi Mata Uang Lokal yang menjadi capaian penting di pilar ekonomi,” jelasnya.

Selain capaian prioritas ekonomi, hasil penting lainnya di bidang ekonomi adalah perkembangan implementasi ASEAN Economic Community Blue Print 2023, perkembangan Visi Masyarakat ASEAN Pasca-2025, dan pengembangan ekosistem kendaraan listrik di kawasan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lakukan Pertemuan Bilateral

Dalam KTT ASEAN ke-42, Mendag Zulkifli Hasan turut mendampingi Presiden Joko Widodo pada pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone untuk membahas sejumlah kerja sama ekonomi antara kedua negara, termasuk bidang energi dan transportasi, Selasa (9/5/2023).

Selain itu, Zulkifli Hasan juga melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Investasi, Perdagangan, dan Industri Malaysia YB Senator Tengku Datuk Seri Utama Zafrul Bin Tengku Abdul Aziz untuk membahas peningkatan kerja sama perdagangan kedua negara, Rabu (10/5/2023).

Dalam pertemuan tersebut, kedua Menteri membahas pelaksanaan Joint Trade and Investment Committee (JTIC) ke-4, persiapan penandatanganan Review Border Trade Agreement (BTA), dan peluang kerja sama di berbagai sektor potensial.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini