Sukses

Dishub DKI Masih Cari 13 Bus Tambahan untuk Angkut 24 Ribu Pendaftar Mudik Gratis Lebaran

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, masih mencari 13 bus tambahan untuk mengangkut warga yang mendaftar program mudik gratis Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, masih mencari 13 bus tambahan untuk mengangkut warga yang mendaftar program mudik gratis Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Pasalnya, pendaftar program mudik gratis lebaran 2023 ini mencapai 24 ribu orang. Jumlah ini, melebihi kuota awal yang ditargetkan yakni sebanyak 19.280 orang dengan ketersediaan bus 482 unit.

"Istilahnya tidak tertampung di kuotanya Pemprov DKI Jakarta," kata Syafrin kepada wartawan, dikutip Jumat (14/4/2023).

Oleh sebab itu, pihaknya tengah berupaya mencari bus lain dengan berkoordinasi dengan sejumlah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Total dari 18 bus yang di butuhkan, lima bus telah didapat dari BUMD Bank DKI Jakarta.

"Sehingga saat ini yang sedang kami upayakan adalah kekurangan 13 bus, ini yang sedang kami upayakan," ungkap Syafrin.

Syafrin menegaskan, pihaknya bakal memberangkatkan 24 ribu pendaftar yang telah terverifikasi. Tak hanya mudik, pendaftar juga akan difasilitasi saat arus baliknya.

"Dengan prinsip bahwa sekarang masyarakat yang sudah mendaftarkan 24 ribu tadi kami akan upayakan tetap diberangkatkan mudik dan juga baliknya," kata dia.

Syafrin membeberkan, komunikasi dengan beberapa BUMD yang berpotensi memberikan bantuan telah dilakukan. Saat ini, kata dia tinggal melengkapi syarat normal permohonan kerja sama.

"Sudah kami komunikasikan, tinggal syarat formalnya saja ada surat permohonan. Prinsipnya semua komit untuk mewujudkan masyarakat yang ingin pulang kampung pada masa angkutan lebaran tahun ini pasca PPKM ditiadakan itu bisa diberangkatkan," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Mudik Gratis

Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyelenggarakan program mudik dan balik gratis angkutan lebaran 2023.

Untuk arus mudik, Dishub DKI Jakarta menyediakan sebanyak 278 unit bus dengan target 11.120 penumpang. Selain itu, juga disediakan 13 unit truk yang ditargetkan mengangkut 390 unit sepeda motor.

Sedangkan untuk arus balik disiapkan 204 unit bus dengan kuota 8.160 penumpang. Lalu, ada 10 unit truk dengan kuota 300 unit sepeda motor.

Sehingga, total ada 482 unit bus dengan kuota 19.280 penumpang dan 23 unit truk dengan 690 unit sepeda motor yang bakal diangkut untuk program mudik dan balik gratis pada lebaran 2023 ini.

Pendaftaran program mudik gratis Ini telah dibuka sejak Kamis, 23 Maret 2023 lalu secara online dan offline. Sehari dibuka, pendaftaran ditutup sementara karena telah terpenuhinya kuota pemudik yang hendak di berangkatkan.

Rencananya, para pemudik bakal dilepas oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono pada 17 April 2023 mendatang di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini