Sukses

Arus Balik, BPKH: 3.600 Pemudik Ikuti Program Balik Kerja Gratis ke Jabodetabek

Melalui program Balik Kerja Bareng, BPKH memfasilitasi para perantau untuk kembali ke Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) secara gratis pada Minggu (14/4/2024).

Liputan6.com, Jakarta Jika biasanya fasilitas gratis bagi pemudik adalah saat mereka pulang kampung, tidak dengan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Melalui program Balik Kerja Bareng, BPKH memfasilitasi para pemudik untuk kembali ke Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) secara gratis pada Minggu (14/4/2024).

"Balik Kerja Bareng 2024 melayani kurang lebih 3.600 peserta dari empat titik keberangkatan menuju Jabodetabek, masing-masing dari Masjid Agung Al-Akbar Surabaya, Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang, Asrama Haji Donohudan Surakarta, dan Balai Kota Yogyakarta," kata Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah di Asrama Haji Donohudan, seperti dikutip Selasa (16/4/2024).

"Rincian peserta yang berpartisipasi yaitu, 800 orang berangkat dari Surabaya, 960 orang berangkat dari Semarang, 960 orang berangkat dari Surakarta, dan 940 orang dari Yogyakarta," jelas Fadlul.

Fadlul memastikan program mudik gratis tersebut turut diisi dengan informasi seputar ibadah haji dan pengelolaan keuangan haji. Dia meyakini para peserta program akan teredukasi tentang fungsi dan tugas BPKH sebagai pengelola keuangan haji.

"Kami bersyukur melihat tingginya antusiame masyarakat mengikuti program Balik Kerja Bareng BPKH, sehingga kuota yang tersedia sudah terisi penuh sebelum pendaftaran ditutup. Semoga inisiatif BPKH ini dapat membantu meringankan pengeluaran transportasi pemudik, sekaligus mengurangi kemacetan selama arus balik," harap dia.

Sebagai informasi, untuk menggelar program Balik Kerja Bareng 2024, BPKH menganggarkan biaya Rp2,7 miliar dari hasil investasi dana abadi umat. Dia memastikan anggaran tersebut tidak mengmbil satu rupiah pun dari dana haji.

"Sumber biaya yang digunakan adalah hasil pengelolaan investasi dana abadi umat, bukan dari setoran awal jemaah. Jadi dana pokoknya tetap utuh, tidak tersentuh," Fadlul menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemudik Bisa Berhemat

Program Balik Kerja Bareng BPKH mendapat respons positif warga dari berbagai daerah. Seperti Hartadi, salah satu peserta asal Blora, mengaku gembira dapat mengikuti program yang disediakan BPKH. Ia bisa menekan pengeluaran hingga Rp2 juta untuk pulang ke Tangerang bersama istri dan tiga anaknya.

"Saya dari Blora akan kembali ke Tangerang bersama anak dan istri. Terima kasih BPKH sudah banyak membantu. Alhamdulillah sekali jalan saya bisa irit Rp2 juta," ucap Hartadi.

Peserta lain dari Surabaya, Ani, juga merasa terbantu dengan gelaran arus balik BPKH, karena dapat menghemat biaya untuk keperluan lain seusai hari raya.

"Alhamdulillah, gratis. Saya sama suami dan anak juga tidak perlu repot berebut bus di terminal. Terima kasih BPKH, semoga ke depan program ini bisa terus digelar karena sangat membantu orang-orang seperti saya," ujar buruh pabrik di Bogor ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.