Sukses

Airlangga Bicara 4 Mata dengan Surya Paloh saat Bukber, Golkar: Dalami Kemungkinan Kerja Sama

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengaku jika Ketua Umum Airlangga Hartarto memang kerap berbincang empat mata dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengaku jika Ketua Umum Airlangga Hartarto memang kerap berbincang empat mata dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Terakhir, pertemuan kedua ketum parpol itu di NasDem Tower, Sabtu (25/3/2023).

Doli mengatakan, pembicaraan tersebut membahas soal kemungkinan untuk bekerja sama pada Pemilu 2024 mendatang. Sebab, saat dimungkinan jika sering menjalin silaturahmi akhirnya membentuk kesamaan visi maupun platform.

"Memperdalam kemungkinan-kemungkinan untuk bisa melakukan kerja sama," kata Doli, saat ditemui di Gedung Nusantara II DPR R, Senayan, Jakarta, Senin (27/3/2023).

Doli menjelaskan, dalam membangun kerja sama tidak bisa dilakukan hanya dengan sekali pertemuan. Dia menyebut ada banyak hal yang mesti didiskusikan untuk menyamakan visi dan platform.

Dia pun bercerita bagaimana Airlangga saat hendak bermitra dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dalam Koalisi Indonesia Bersatu.

Dia mengatakan partainya membutuhkan waktu 1,5 tahun untuk menjajaki komunikasi dengan semua parpol, sebelum akhirnya berkoalisi dengan PAN dan PPP.

“Ini juga sama, proses itu tetap sama seperti proses-proses sebelumnya,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kumpulkan Energi untuk Menangkan Pilpres

Lebih lanjut, dia mengungkapkan setiap parpol ingin memenangkan kontestasi Pemilu 2024. Doli mengaku, jika Partai Golkar tidak bisa bekerja sendiri, apalagi untuk kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Oleh sebab itu, dia mengatakan Golkar tengah mengumpulkan energi sebanyak-banyaknya agar bisa memenangkan Pilpres.

“Mengumpulkan energi itulah sebagaimana sebanyak-banyaknya parpol bisa bergabung bersama koalisi kami,” imbuh doli.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh menyempatkan berbincang berdua usai buka puasa bersama di NasDem Tower, Jakarta, Sabtu (24/3). Airlangga terlihat meninggalkan lokasi sekitar 08.20 WIB.

3 dari 3 halaman

Hubungan Surya Paloh dan Golkar

Airlangga mengakui banyak berbincang soal masa lalu. Surya Paloh bukan orang baru di Golkar. Hubungan Paloh dan Golkar sangat dekat karena dulu merupakan kader Partai Beringin.

"Pak Surya sangat dekat dengan keluarga demikian juga dengan Partai Golkar tentu sesudahnya kita berbincang-bincang seperti di masa-masa yang lalu," ujar Airlangga saat ditemui wartawan.

Airlangga berharap, hubungan NasDem dan Golkar terus terjalin di masa depan.

"Jadi kita mengingat masa-masa indah dan kita tentu ke depan berharap hubungan Partai NasDem dan Partai Golkar selalu terjalin dan kebetulan Partai Golkar sebagai salah satu partai paling tua tentu harus terbuka terhadap seluruh partai yang ada," ujar menko perekonomian ini.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.